Perlu diketahui bahwa HTRI dan Hysys memiliki fungsi yang berbeda. HTRI adalah software untuk sizing Heat Exchanger sementara Hysys adalah software simulasi Proses. Walaupun Hysys sendiri dapat digunakan untuk melakukan simulasi HE namun itu hanya sebatas process saja. Dengan menggunakan HTRI akan diketahui pula pengaruh mechanical design (configurasi tube dan baffle misalnya) terhadap proses.

Tanya – Denny bagus

Dengan hormat,

Mohon informasi kepada teman-teman,

Kami, PT Aspros Binareka adalah konsultan Engineering www.asprosbinareka.com, saat ini kami sedang ada pekerjaan untuk melakukan design Heat Exchanger dan diharapkan untuk dapat dikerjakan dengan software HTRI.

Kami mohon informasi dari teman-teman yang telah biasa menggnakan software ini, bagaimana kehandalan software ini jika dibandingakan dengan Hysys, juga apa alternatif software lain yang bisa digunakan.

Mohon bila ada yang bisa membantu dan bekerja sama dapat menghubungi melalui Japri:

Tanggapan 1 – Arya Tunggal@jgc-indonesia

Pak Denny,

Sependek pengetahuan saya untuk design HE memang paling cocok menggunakan HTRI, ato mungkin HTFS. Kalo Hysis setau saya hanya untuk menghitung mass dan Heat balance saja dalam penghitungan HE.

Tanggapan 2 – Iqbal Aprian@jgc-indonesia

Dear Pak Denny

Perlu diketahui bahwa HTRI dan Hysys memiliki fungsi yg berbeda HTRI adalah software untuk sizing Heat Exchanger sementara Hysys adalah software simulasi Proses.

Walopun Hysys sendiri dapat digunakan untuk melakukan simulasi HE namun itu hanya sebatas process saja. Dengan menggunakan HTRI akan diketahui pula pengaruh mechanical design (configurasi tube dan baffle misalnya) terhadap proses.

Smoga membantu.

Tanggapan 3 – fuad mubaraq

Pak Deny.

Pada design heat exchangers plate, kami punya sofware my pwt namanya,
tapi sofware kami tersebut hanya terbatas untuk menghitung ukuran plate dan framenya, dengan basis saya memasukan data process seperti temp in out dan flowrate disisi hotside dan coldside yang mungkin dihitung dari sofware hysys yang di maksud.
Btw,, Pak denny akan mendesign HE type apa ?
Sepngalaman kami sebagai vendor HE, consultan seperti company bapak ini lebih menekankan ke process datanya..? agar sesuai dengan design processnya, sedangkan untuk ukuran biasanya tergantung dari manufacture HE tersebut.
Maaf jika saya salah.
Terimakasih.

Tanggapan 5 – TRB

Menyambung dari teman2 terdahulu, memang hysys dan sebagsanya baik untuk desain awal, simulasi dan optimasi. namun sebaiknya menggunakan HTRI, ESDU, dll…untuk kepentingan manufacture.

Kebetulan group kami mengembangkan model untuk hal ini,
dari platform Hysys kita develop ICONS dan Petrosim,
Untuk memprediksi overall U saja masih jauh dari harga sebenarnya. apalagi heat transfer coefficient (HTC) untuk masing2 tube side dan HTC untuk shell side.

Dari sisi soft untuk manufacture, operasi dan maintenance, kita kembangkan dari ESDU.
Untuk harga Tube side HTC hampir sama hasilnya untuk semua metod, misalnya mc adam, colburn, dll. tapi untuk shellside HTC bell-delaware masih lebih ok. tentunya ada sedikit koreksi untuk scale up, velocity dengan thinker method, dll…..
kesalahan prediksi untuk HTC terbesar disebabkan clearence antara tube outsidde bundle diameter dengan shell inside diameter dan clearence antara tube OD dan baffle hole.
bisa menggunakan sama dgn TEMA, lebih kecil (1/2) TEMA, atau lebih besar (1-1/2 atau 2 x) dari TEMA.
Terutama yg terakhir, karena kesalahn kecil pada tube-baffle clearance akan dikalikan jumlah tube dan pas.

Jadi untuk desain gunakan HTRI dengan hati2 pada clearence dan juga jumlah seal road.

Perhatikan harga HTC pada tube side dan shell side. harga yg lebih kecil pd kedua HTC tsb yg akan mengontrol overal U. artinya perubaha kecil pada flowratenya akan menyebabkan perubahan yg besar pada overall U.

Saat ini, sejak 1994 banyak HE diretrofit bafflenya saja untuk menaikkan efisiensi dan mengurangkan fouling rate. biasanya mereka merubah dari segmental baffle ke helical baffle (kedua feature ada pada HTRI) cuma untuk helical baffle belum ada bukunya. baru ada beberapa jurnal misal dari B Peng. namun masih dalam skala HE yg kecil. sehingga konstanta C2 dan M pada persamaan empiris hasil fitting, masih agak menceng untuk komersial HE.

Segitu dulu.