Saya ingin menanyakan istilah dalam casing dan tubing, karena saya termasuk pemain baru dalam bidang ini. Jadi saya ingin meminta bantuannya: 1. R2/R3; 2. BTC; 3. PPF; 4. N / L; 5. Special Drift; 6. Special Connection : Vam, CS Hydril, Folks, Premiun Connection; 7. Jenis-jenis casing & tubing (mungkin ada istilah lain yang saya belum tahu, bisa ditambahkan juga) Kalau sekiranya ada yang artikel atau website yang bisa membantu, saya mohon informasinya.

Tanya – Stanly Alexander

Selamat siang rekan-rekan milis,

Saya ingin menanyakan istialah dalam casing dan tubing, karena saya termasuk pemain baru dalam bidang ini. Jadi saya ingin meminta bantuannya

1. R2/R3

2. BTC

3. PPF

4. N / L

5. Special Drift

6. Special Connection : Vam, CS Hydril, Folks, Premiun Connection

7. Jenis-jenis casing & tubing

(mungkin ada istilah lain yang saya belum tau, bisa ditambahkan juga)
Kalau sekiranya ada yang artikel atau website yang bisa membantum, saya mohon informasinya.

Thanks,

Tanggapan 1 – Harry Eddyarso

Dear Bung Stanly,

Please see my responses below.

Saya ingin menanyakan istialah dalam casing dan tubing, karena saya termasuk pemain baru dalam bidang ini. Jadi saya ingin meminta bantuannya.

1. R2/R3 –> R = Range = Panjang pipa. R2 antara 29ft – 31ft, sedangkan R3
antara 38ft – 42ft (kira2 ya).

2. BTC –> Buttress Thread Connection – jenis sambungan (drad) pada casing (API standard)

3. PPF –> Pound per Foot = casing poundage = berat casing atau tubing per foot

4. N / L –> Casing and or Tubing grade, biasanya N-80 atau L-80, yang
menggambarkan casing/tubing ultimate strength (equal to 80,000psi)

5. Special Drift –> Drift atau ‘rabbit’ untuk mengecek ‘inside diameter’ of
casing and or tubing.

6. Special Connection : Vam, CS Hydril, Folks, Premiun Connection –> Ini
jenis2 special (premium) connection untuk casing and or tubing, patented by
certain manufacturers (biasanya punya kemampuan untuk ‘metal to metal
sealing’, gas pun gak bisa lewat)

7. Jenis-jenis casing & tubing –> Jenis2 casing maupun tubing ditentukan
oleh size, grade, poundage, range, connection dan metalurgynya (biasanya
terbuat dari carbon steel, namun ada juga yang dari stainless steel atau ada
juga mengandung Chrome untuk sumur2 yang mengandung H2S atau CO2 dalam kadar
yang tinggi)
(mungkin ada istilah lain yang saya belum tau, bisa ditambahkan juga) –>
Dalam dunia drilling, umumnya casing dan tubing tsb digolongkan sebagai OCTG
(Oilwell Country Tubular Goods)
Kalau sekiranya ada yang artikel atau website yang bisa membantum, saya
mohon informasinya –> Baca aja API Recommended Practices (nomor ??) untuk
Casing dan Tubing (saya gak punya soft filenya – maaf).

Tanggapan 2 – amir faozi

Buat Bung Stanly,

Mungkin sedikit tambahan dari apa yang Pak Harry kemukakan, untuk software List jenis-jenis tubing,casing dan connection type, anda dapat gunakan software namanya i-Handbook -bisa download gratis di www.slb.com atau juga eRedBook dari Halliburton sudah lengkap kok.

Tanggapan 3 – Asep Faozi

Buat Bung Stanly,

Mungkin sedikit tambahan dari apa yang Pak Harry kemukakan, untuk software List jenis-jenis tubing,casing dan connection type, anda dapat gunakan software namanya i-Handbook -bisa download gratis di www.slb.com atau juga eRedBook dari Halliburton sudah lengkap kok.

Tanggapan 4 – Stanly Alexander

Untuk grade casing or tubing, ada grade apa saja selain N / L? Bagaimana prinsip penilaian untuk grade casing or tubing?

Tanggapan 5 – Dody Cahyadi

Selain grade N / L,

Ada juga grade C / HCK / S / SS / HCL / P / V / H / CS tiap2 grade ini punya joint connection tertentu pula, bisa yang API (BTC ato 8 round ato Xtreme line) ato bisa juga premium connection.
di i-Handbook nya SLB udah cukup lengkap infonya ada OD, ID, poundage, collapse rating & yield strength.
Selain itu ada juga burst rating yang vital dalam casing design.
oohh…ada juga satu lagi yang vital… cost per foot nya :).