Laminated glass digunakan untuk kaca depan depan kendaraan (mobil) ditujukan untuk melindungi pengemudi dan penumpang bila terjadi benturan yang mengakibatkan kerusakan pada kaca depan. Kaca laminated tersebut akan retak tapi tidak pecah berkeping-keping. Ini disebabkan adanya lapisan film dalam kaca tersebut yang berfungsi sebagai peredam. Catatan: Laminated lebih mahal dibanding tempered glass. Tempered glass digunakan untuk kaca2 selain kaca depan. Bila terkena benturan akan pecah menjadi kepingan kecil (istilahnya…pecah 1000).
Itulah sebabnya (biasanya) mobil dipasangi kaca film hanya di kaca pintu dan jendela belakang.
Kaca film berfungsi sebagai peredam bila tempered glass pecah.

Tanya – Oscar Hammer Stein

Mohon dijelaskan

Saya melihat kaca dan tertulis temperlite sedangkan di kaca depan tertulis laminated (beberapa mobil menulis lamisafe)

Pertanyaan saya

1. kenapa ada beberapa mobil ada yang menulis lamisafe n laminated, apa bedanya antara ke dua jenis tadi

2. kenapa tidak semua bag menggunakan laminated glass, tapi hanya kaca depan saja

3. bagaimana proses pembuatannya..

Tolong dijelaskan,

Mungkin bagi yang mengerti pertanyaan diatas dapat memberikan jawaban atau setidaknya linknya untuk menemukan jawaban, karena saya telah mencarinya tetapi tidak mendapatkan penjelasan yang cukup memuaskan.

Terima kasih

Tanggapan 1 – Yose Ishak

Rekan Oscar,

Sebenarnya sangat mudah mendapatkan informasi mengenai Laminated (Lamisafe) dan Tempered glass.
Kalau anda ketik ‘keyword’ tersebut maka berhalaman-halaman informasi akan muncul di internet.

Untuk mempermudah pencarian anda, sebagai berikut adalah penjelasan mengenai Laminated dan Tempered glass (silakan diterjemahkan ya).

Laminated Glass is a multifunctional glazing material that can be used in a variety of applications. It is manufactured by permanently bonding two or more lites of glass with layers of polyvinyl butyral (PVB) interlayer, under heat and pressure, to create a single construction.

Toughened or tempered glass is glass that has been processed by controlled thermal or chemical treatments to increase its strength compared with normal glass. It will usually shatter into small fragments, rather than sharp shards, when broken.

Laminated glass digunakan untuk kaca depan depan kendaraan (mobil) ditujukan untuk melindungi pengemudi dan penumpang bila terjadi benturan yang mengakibatkan kerusakan pada kaca depan.
Kaca laminated tersebut akan retak tapi tidak pecah berkeping-keping.
Ini disebabkan adanya lapisan film dalam kaca tersebut yang berfungsi sebagai peredam.
Catatan: Laminated lebih mahal dibanding tempered glass.

Tempered glass digunakan untuk kaca2 selain kaca depan. Bila terkena benturan akan pecah menjadi kepingan kecil (istilahnya…pecah 1000).
Itulah sebabnya (biasanya) mobil dipasangi kaca film hanya di kaca pintu dan jendela belakang.
Kaca film berfungsi sebagai peredam bila tempered glass pecah.

Apakah anda suka nonton film action?

Perhatikan bahwa kalau kaca depan ditembak maka kaca tersebut hanya berlubang, tetapi bila kaca samping dan belakang maka biasanya akan pecah (hancur) menjadi kepingan kecil.

Masih penasaran? Selamat mencoba deh hehehe….

Oh iya, Lamisafe adalah laminated glass sedangkan Temperlite adalah tempered glass. Lamisafe dan Temperlite itu merupakan varian produk (merk dagang).

Tanggapan 2 – Oscar Hammer Stein

Oh begitu

Terima kasih atas jawabannya tapi saya masih bingung kalo begitu apakah prilakunya sama seperti komposit ya??
seperti bahan kevlar gitu ya??
Bukankah apabila dipanaskan sampai temperatur 1000 c kaca akan rusak ya??
Ketika dilakukan tempered apakah diperlukan perlakuan khusus sperti di quenching atau lain sebagainya??
Soalnya saya mencari literaturnya tidak ada.

Tanggapan 3 – Alvin Alfiyansyah

Mas Oscar,

Baca di CSPC 16 CFR Part 1201 dan ANSI Z.97.1 , 2004 buat detail masalah HSE dan variety temper glass tersebut, laminated ada disinggung sedikit juga looh. Kalo tanya masalah harga ada juga sich, hanya sudah tidak update karena versi tahun kemarin sebelum ada kenaikan harga tambahan.
Saya tahun kemarin men-lead pemilihan temper glass buat office, ruang restaurant/panggung dan rumah2 di camp Kalimantan. Kebetulan study tersebut diadakan bukan buat mobil tapi fasilitas darat kepunyaan Chevron, dimana HSE yg jadi triggernya dimana saja perlu dipasang dan kita sudah selesai instalasi baru di awal tahun ini. Kalo mau detil soal perbedaan kedua standard diatas, please contact via japri. Sorry, i always late to response since i’m mobile between office and several remote field area.