Perusahaan Petromin Papua Nugini telah membeli 20.5% direct interest di onshore lahan gas Elk-Antelope yang ditemukan oleh InterOil di Provinsi Gulf negara tersebut.

Penulis : Rick Wilkinson

Perusahaan Petromin Papua Nugini telah membeli 20.5% direct interest di onshore lahan gas Elk-Antelope yang ditemukan oleh InterOil di Provinsi Gulf negara tersebut.

Petromin telah melakukan pembayaran cash pertama untuk sebagian dana sahamnya dari biaya pengembangan lahan.

Vice-Pres. InterOil, Christian Vinson mengatakan perusahaannya memiliki harapan yang tinggi untuk lahan berdasarkan dalam pengujian baru-baru ini. “Kami percaya penemuan memiliki potensi untuk melakukan kontribusi utama untuk pengembangan ekonomi negara di masa yang akan datang,” katanya.

InterOil mengatakan pengujian baru-baru ini di appraisal Elk-4 telah mencatat rate aliran gas 105 MMcfd. Rate kondensat diperkirakan menjadi 1,890 b/d. Perusahaan saat ini akan mengebor Antelope-1, kira-kira 2.8 km dari Elk-4.

Rencana pengembangan termasuk suplai untuk project LNG Niugini Liquid senilai 5-7 milyar dolar, yang mana adalah rival dari project LNG PNG ExxonMobil untuk memproduksi gas dari lahan group Kutubu-Hides di central highlands region negara tersebut.

Tahap pertama project gas Liquid Niugini termasuk pipeline yang akan dibangun dari provinsi Gulf ke Port Moresby, dimana gas processing plant akan dibangun dekat kilang minyak InterOil yang ada. Rencana termasuk dua train plant LNG yang memproduksi LNG sebanyak 9 juta ton/tahun dengan tanggal aliran selambatnya 2013 atau awal 2014.

Liquid Niugini sama-sama dimiliki oleh InterOil, Merrill Lynch, dan Clarion Finanz.

Sumber: www.ogj.com