Condensate yang kita peroleh dari reservoir masih mengandung banyak light komponent seperti C1, c2, c3,n2 co2 dll. Sekarang kalau bapak lihat vapor pressure individual pada temperature ambient cukup tinggi, misal c3 propane pd 100 F pressure nya kira kira 220 # ( i just estimate , you could get exact number from table). Kalau mau disimpan kita perlu vessel yang cukup tebal apalagi kalau dimensinya besar, C2 mungkin 800 # c1 diatas 2000#, jadi kalau langsung disimpan di atmospheric tank kondensat tersebut langsung mendidih di temp ambient, this mean safety, karena boiling vapor bisa terbakar sendiri, rugi juga karena boiling vapor has comercial value.Nah stabilisasi itu tidak lain membuang /memisahkan komponen ringan dr condensate sehingga yang sudah di stabilkan bisa disimpan di atmospheric tank, jadi mudah menyimpannya , mudah transportingnya dan macam macam advantage.

Tanya – tampune ginting

Dear Milisters,

Mohon pencerahannya utk NAG plant:

1. Kenapa condensate hasil sampingan dari NAG reservoir harus di stabilkan?

2. Bila metode yg di pakai utk menstabilkan condensate adalah stabilization column, apa saja yg terjadi di stablization column tsb?
Terima kasih sebelumnya atas penjelasannya.

Tanggapan 1 – agus suryono

Dear pak Ginting,

Stabilization Condensate dimaksudkan untuk me-remove fraksi ringan yang ada di condensate sehingga RVP condensate turun. Jika saya tidak salah condensate terdiri dari komponen rantai carbon C5 s/d C10, lha biasanya mengandung sedikit C3/C4 sehingga RVP condensate tersebut masih tinggi.
Untuk faktor keamanan dan kemudahan saat handling/menyimpan condensate, RVP harus diturunkan dengan dengan cara me-remove komponen C3/C4 di stabilizer column. Biasanya juga kebutuhan market juga meminta RVP Condensate tidak tinggi untuk keamanan saat delivering atau penyimpanan.

Mohon maaf jika bukan itu yang dimaksud.

Tanggapan 2 – roeddy setiawan

Dear Pak Ginting,

Condensate yg kita peroleh dr reservoir masih mengandung banyak light komponent seperti C1, c2, c3,n2 co2 dll. now kalau bapak lihat vapor pressure individual pada temperature ambient cukup tinggi, misal c3 propane pd 100 F pressure nya kira kira 220 # ( i just estimate , you could get exact number from table) nah kalau mau disimpan kan perlu vessel yang cukup tebal apalagi kalau dimensi nya besar, C2 mungkin 800 # c1 diatas 2000#, jadi kalau langsung disimpan di atmospheric tank kondensat tersebut langsung mendidih di temp ambient, this mean safety, karena boiling vapor bisa terbakar sendiri, rugi juga karena boiling vapor has comercial value.

Nah stabilisasi itu tidak lain membuang /memisahkan komponen ringan dr condensate senhingga yang sudah di stabilkan bisa disimpen di atmospheric tank, jadi kan mudah nyimpen nya , mudah transporting nya dan macam macam advantage.
apa isi stabilisation, ya tidak lain meriupakan kolom fractionasi, kolom pemisahan, cuman misahkan nnya secara bulk, arinya hanya dua stream sbg product nya, misal cut point nya di c5 plus buat residue,,,,, c5,c6 bc7 dst pergi ke residue, c4,c3,c2,c1 c02 dll sebagai overheaqd karena titik didih nya rendah. hope this help.