Apakah rekan-rekan sekalian bisa sharing tentang metode kalibrasi Micromotion yang umum digunakan di O&G Industry?
Mohon di-share jika ada referensi/artikel yang berhubungan dengan hal ini.

Tanya – d3n1_elits03

Dear rekan-rekan milis KMI,

Apakah rekan-rekan sekalian bisa sharing tentang metode kalibrasi Micromotion yang umum digunakan di O&G Industry?
Mohon di-share jika ada referensi/artikel yang berhubungan dengan hal ini.

Terima kasih,

Tanggapan 1 – Weby

Pak DEP,

Ini maksudnya apa Micromotion produk dari Emerson yg wujudnya Coriolis Flowmeter?
Thanks.

Tanggapan 2 – andi n

Kalau di perusahaan kami, untuk flowmeter coriolis (micromotion, endress hauser), kami tidak melakukan kalibrasi. Yang kami lakukan hanyalah sebatas verifikasi flow dengan melakukan barrel test (menimbang massa fluida yang mengalir melewati flowmeter dan membandingkan dengan bacaan totalizer pada transmitter), fluida yang digunakan untuk proces verifikasi ini adalah air (water). Demikian semoga membantu,

Tanggapan 3 – Wisnu Purwanto

Yang anda jelaskan sebetulnya termasuk salah satu cara kalibrasi jika reference yang digunakan traceable ke standard nasional / internasional.

Anda bisa mengacu ke API MPMS chapter 5.6 mengenai berbagai cara kalibrasi / proving coriolis meter – meskipun tidak seluruh metode dijelaskan secara detail.

Pada dasarnnya kalibrasi bisa dilakukan dengan mass proving baik secara gravimetric maupun mass master meter; inferred mass proving dimana menggunakan volumetric prover yang hasilnya di convert ke mass; serta volumetric proving – lihat API MPMS chapter 4 mengenai volumetric proving.

Untuk metode gravimetric dijelaskan lebih terinci di ISO 10790.

Hati2 untuk proving as per API chapter 4 – beberapa coriolis meter memiliki output burst type pulse dimana akan menghasilkan repeatability yang sangat buruk.

Untuk coriolis meter dengan proportional pulse; repeatability yang dicapai juga tidak akan sebaik turbine meter atau PD meter.

Seberapa sering harus dikalibrasi ? untuk custody transfer silahkan check ke DIMET dan Migas (untuk oil and gas application).

Untuk aplikasi umum non custody transfer; ada anggapan bahwa karena coriolis meter tidak memiliki bagian yang berputar maka tidak perlu dikalibrasi; dimana sejauh electronicnya berfungsi penuh maka pengukurannya akan akurat. Asumsi ini tidak sepenuhnya benar; terutama untuk aplikasi yang abrasive ataupun waxy. Untuk mengurangi frequensi kalibrasi beberapa vendor menawarkan apa yang disebut in-situ / field verification; yang pada dasarnya adalah functional check serta membandingkan dengan original foot print meter dari pabrikan.