Untuk connection flange to flange dissimilar material antara CS to SS memang direkomendasikan menggunakan insulation pada bolt dan washernya yang dimaksudkan untuk mencegah terjadi corrosion.corrosion yang lazim terjadi pada dissimilar material adalah galvanic corrosion. Selain itu jika tak salah masih ada sacrifice anode dan impress current untuk mencegah corrosion tentunya para corrosion engineer yang sedang online dimilis kita ini lebih tahu akan hal ini.Monggo dari para corrosion engineer menambahkan.

Tanya – Gamler Gamler.Sigalingging@ptcs

Mau tanya flange stainless dengan flange carbon steel bisa disambung langsung dengan baut biasa atau ada aturannya?

Tanggapan 1 – Sri Yansen@istakala

Rekan Gamler,

Pengalaman saya hal ini bisa saja dengan menggunankan insulation kit didalamnya terdapat kondom buat pelindung baut agar CS tidak kontak langsung dengan SS dan juga gasketnya.

Mungkin yang lain bisa menambahkan.

Tanggapan 2 – Marusaha Doloksaribu

Bagaimana dengan meng welding stainless steel dengan carbon steel? apa yang akan terjd terhadap sambungannya? mohon pencerahannya.

Tanggapan 3 – iwan saputra

Harus pakai kawat las yang khusus kali yach….

Tapi apa bisa stainless steel diwelding nyatu dengan carbon steel?
khan komposisi materialnya aja beda. soalnya saya belum pernah lihat yang gituan.
biasanya yach flange to fange connection pakai insulation kit.

Mungkin ada teman lain yang bisa nambain.

Tanggapan 4 – Riki Sapari

Jika yang digunakan kawat las memang ada kawat las yang khusus di gunakan unutk menyambung antara material SS dengan SS (nama pasaran 309) dan material SS dengan CS (nama merek dagang 308). Mohon koreksinya unutk merek dagangnya takutnya tertukar antara SSvs SS dan SS vs CS, CMIIW.

Tanggapan selengkapnya: