Menginspeksi gap secondary seal in service (on line) sebaiknya dilakukan waktu high level dimana posisi floating roof pada posisi paling atas. Kita harus berada diatas floating roof, gunakan BA jika ada H2S carried over dalam condensate. Cara mengukur gap adalah dengan mengangkat cover plate satu persatu, lalu siapkan rod dengan beberapa ukuran lalu sisipkan antara floating roof dengan wall dan catat. Akhir2 ini, karena issue lingkungan, dibeberapa negara sudah ada aturan yang mewajiban memeriksa jarak seal secara berkala.

Tanya – Trisno M.

Milis Migas,

Mo tanya ke milis, adakah yg punya pengalaman meng-inspeksi gap di seal floating roof tank.
Diameter tanki 72m, tinggi 26m, berisi kondensat. Di floating roof nya ada 2 seal yaitu primary seal dan secondary seal.
Mohon sharing infonya dari milis apabila ada yg punya pengalaman pernah meng-inspeksi gap di kedua seal tsb tanpa membuka seal secara keseluruhan ?

Tanggapan 1 – Trisno M.

Milis Migas,

Mohon bantuan dari milis perihal inspeksi gap pada seal di floating roof tank.

Adapun data tanki adalah sebagai berikut: diameter tanki 72m, tinggi 26m, berisi kondensat. Di floating roof nya ada 2 seal yaitu primary seal dan secondary seal.
Mohon sharing infonya apabila dari anggota milis ada yg punya pengalaman pernah meng-inspeksi gap di kedua seal tsb.
Pertanyaanya adakah prosedur untuk inspeksi gap pada kedua seal tsb tanpa membuka seal secara keseluruhan ? Thks.

Tanggapan 2 – Harlion Bahar

Rekan Trisno,

Saya pernah meng-inspeksi gap secondary seal (seal bagian atas) waktu tangki kondensat in service sedang inspeksi primary seal (seal bagian bawah) tidak pernah, kecuali tanki dikosongkan.
Pertanyaannya: siapa yg punya pengalaman meng-inspeksi gap di kedua seal tsb *tanpa* membuka seal secara keseluruhan ? ( ini mungkin ada rekan2 milis ada yg pernah… tapi bagaimana caranya?).

Menginspeksi gap secondary seal in service (on line) sebaiknya dilakukan waktu high level dimana posisi floating roof pada posisi paling atas. Kita harus berada diatas floating roof, gunakan BA jika ada H2S carried over dalam condensate. Cara mengukur gap adalah dengan mengangkat cover plate satu persatu, lalu siapkan rod dengan beberapa ukuran lalu sisipkan antara floating roof dengan wall dan catat. Akhir2 ini, karena issue lingkungan, dibeberapa negara sudah ada aturan yg mewajiban memeriksa jarak seal secara berkala.

Mengukur gap primary seal tidak ada access pd waktu tangki on-line.

Kira-kira bermanfaat.

Tanggapan 3 – Trisno M.

Terima kasih rekan Harlion atas informasinya.
Apakah prosedur khusus perlu dibuat sebelum melakukan inspeksi seal gap ini?
Thanks.

Tanggapan 4 – Harlion Bahar

Pak Trisno,

Prosedur harus ada Pak, sebab inspeksi ini langsung kontak dengan vapour hydrocarbon, dan posisi kita berdiri diatas floating roof condensate tank. Risk ada yakni jka floating roof sink. Sewaktu kita angkat metal sheet cover secondary seal, risk adalah H2S carried over. Mengukur gap secondary seal harus menggunakan rod yg tidak menimbulkan spark.