Bagaimana cara menentukan pressure drop suatu aliran 3 phasa yang melalui separator, tetapi liquid phase diblock dan dipaksa mengalir bersama aliran gas phase di outlet nozzle gas outlet.

Tanya – setia yadi

Teman2,

Mohon bantuan teman2 engineer, bagaimana cara menentukan pressure drop suatu aliran 3 phasa yang melalui separator, tetapi liquid phase diblock dan dipaksa mengalir bersama aliran gas phase di outlet nozzle gas outlet.

Terimakasih banyak saya haturkan.

Tanggapan 1 – hendra taruna

Jadi maksud mas Setiyadi adalah, separator saat ini berfungsi sebagai giant pipe atau kata lainnya pipa kembung. Pertanyaan yang menarik.

Mungkin teman2 milis ada yang bisa membantu? saya rasa API 14E belum bisa secara detail menjawab solusi mas Setiyadi ini.

Tanggapan 2 – hendra taruna

Gini saja mas, kalau susah ngitung, pasang pressure gauge di inlet dan outlet dari vessel tersebut, nah dari situ kan ketauan pressure dropnya. Kalo pakai kalkulasi sepertinya sulit, karena flow nya tidak ideal, ada containment yang masih ke-trap di dasar vessel-nya.

Tanggapan 3 – setia yadi

Terimakasih Mas Hendra, saran yang ‘brilian’.

Tanggapan 4 – Nazaruddin

Mas Setiayadi,

Kalau pressure drop antara inlet nozzle dan gas oulet nozzle pada kasus seperti yang dijelaskan dibawah saya kira sangat kecil mengingat besarnya diameter separator. Tetapi untuk kasus seperti ini pressure drop yang dominan terjadi pada PCV karena dipaksa mengalirkan fluida dengan jumlah yang lebih besar.
Jika spec PCV diketahui (size,type, Cv, etc) pressure drop dengan mudah diketahui menggunakan hysys.

Tanggapan 5 – ahmadf@technip

Mas Setiyadi,

Saya hanya ingin menambahkan dan skedar informasi juga. Untuk kasus seperti itu dapat juga diketahui dengan menggunakan simulasi CFD (Computational Fluid Dynamic) namun tidak untuk melakukannya karena 3 phase memerlukan orang yang cukup experd di bidang ini. Kelebihannya adalah bahkan pressure drop tsb bisa diketahui sebelum separator tersebut dibuat. Hal ini dilakukan jika dan hanya jika anda benar2 ingin mengetahui detailnya sebelum separator tsb dibuat. Saya pernah melihat dokumen sebuah project dengan simulasi CFD ini untuk separator, persis seperti yang anda maksud. Maaf jika ada kesalahan.
Tapi jika kasus lapangan mungkin saran mas hendra saran yang tepat.