Rubber liningnya soft rubber apa hard rubber, tapi apapun itu, sebelum repair welding misalnya, dikupas dulu pak rubber liningnya dengan pisau/pahat atau gerinda, pada saat pengelasan atau pemotongan metalnya persiapkan air mengalir dan karung basah untuk mematikan bila rubber lining ikut terbakar. Setelah selesai repair metalnya di rubber lining ulang pakai yang soft (bersihkan apply lem dan tempel karet plus press/tekan) bila tdk ada fasilitas steam untuk hard rubber, atau temporary bisa pakai pasta, atau bahkan semprot rubber coating yang spray, tapi pasta jauh lebih baik. Kemudian dicek dengan pinhole test apa ada kebocoran apa tidak saat menutup rubbernya.

Tanya – Aldy Migas

Dear All millister

Saya mau melakukan process HOT Work di pipe pada SeaWater system.

setelah melakukan inspeksi ternyata pada pipe tersebut ada Rubber Coating, sehingga Hot Work Permit saya akhirnya saya cancel.

Mohon informasi dari rekan2x tentang Rubber Coating ini.

Karena saya masih beginner di dunia kapal mohon infonya system apa aja yang ada protection pakai rubber coating tersebut. Lalu gimana cara mehilangkan rubber coating tersebut sehingga saya dapat melakukan Hot Work disana.

Tanggapan 1 – roeddy setiawan

Dear Aldy,

Agak kurang jelas nih pak aldy, issue nya, anyway saya cuman menerka bapak mau hot work bukan hot tap.

Menghilangkan rubber lining, tinggal di iris saja pak pake cutter say 1 ft dr sambungan yang bapak rencanakan di bersihkan di bevel disambung biasa. tentunya post welding bapak harus mengembalikan lagi ruber liner tersebut. karena gunanya sebagai pasif barier , metal-oxigenated water-chloride dr air laut.

Saya lupa brand nya there was a rubber plinkote yang di spraykan untuk keperluan tersebut, derivat nya di jual di toko mobil proteksi kolong mobil.

Tanggapan 2 – A. Rofiudin@sulfindo

Pak Aldy.

Rubber liningnya soft rubber apa hard rubber, tapi apapun itu, sebelum repair welding misalnya, dikupas dulu pak rubber liningnya dengan pisau/pahat atau gerinda, pada saat pengelasan atau pemotongan metalnya persiapkan air mengalir dan karung basah untuk mematikan bila rubber lining ikut terbakar. setelah selesai repair metalnya di rubber lining ulang pakai yang soft (bersihkan apply lem dan tempel karet plus press/tekan) bila tdk ada fasilitas steam untuk hard rubber, atau temporary bapak bisa pakai pasta, atau bahkan semprot rubber coating yang spray seperti pak Roeddy bilang, tapi menurut saya pasta jauh lebih baik.

Terus dicek dengan pinhole test pak apa ada kebocoran apa tidak saat menutup rubbernya.

Tanggapan 3 – Aldy Migas

Dear Pak Rofi, Pak Roeddy, and all.

Terimakasih atas responsenya, dan maaf atas late reply saya.

Saya rencananya mau men-scrap pipe SeaWater pipe tersebut pakai weldingan.

ketika apply permit Hot Work ketahuan bahwasanya pipe tersebut inner-nya ada rubber coating.

dengar dari senior katanya kalo Hot Work di rubber coating tersebut sangat berbahaya asapnya bagi kesehatan apalagi bagi worker terutama pada daerah confine space.

Akhirnya HotWork nya saya apply untuk di Flangesnya saja. sedangkan di pipenya pake Power Saw…..

dan Alhamdulillah kerjaan udah beres.

Seperti kata Pak Rofi,.. sebaiknya memang pakai air yang mengalir sehingga meminimilize pemanasan lokal.