Kalibrasi adalah Kesatuan rangkaian kegiatan pada kondisi tertentu untuk menetapkan hubungan antara nilai ukur di suatu alat ukur dengan nilai yang ditampilkan oleh material pengukuran sebagai acuan standar yang memiliki kemampuan telusur pada standar Nasional maupun Internasional. Sedangkan TERA adalah kegiatan kalibrasi yang dilakukan terhadap alat ukur yang digunakan dalam kegiatan perdagangan, seperti Timbangan di pasar, meteran pompa di SPBU, argometer pada TAXI.Tera hanya bisa dilakukan oleh Badan Meterologi.

Tanya – adhi christmastyo

Selamat siang teman-teman milis migas…

Saya ingin penjelasan antara kaliberasi dan tera dan dimana saja tempat untuk dilakukannya kaliberasi dan tera tersebut.

Sebelumnya terima kasih atas penjelasan nya.

Tanggapan 1 – Tri Cahyo@singgar-mulia

Pak Adhi C,

Kalo kalibrasi untuk memenuhi requirement ISO, kalo tera untuk legalitas pemerintah.

Untuk lembaga/ lab kalibrasi silahkan cari di www.bsn.or.id dan kalo untuk tera di Badan Metrologi punya pemerintah tergantung bapak di daerah mana?

Silahkan di tentukan alat ukur apa yang mau di kalibrasi/ di tera.

Tanggapan 2 – aswan hasibuan

Sepengetahuan saya

Kalibrasi adalah Kesatuan rangkaian

kegiatan pada kondisi tertentu untuk menetapkan hubungan antara nilai ukur di

suatu alat ukur dengan nilai yang ditampilkan oleh material pengukuran sebagai

acuan standar yang memiliki kemampuan telusur pada standar Nasional maupun

Internasional.

Kalibrasi ini biasa dilakukan oleh pihak luar (lembaga kalibrasi), tapi bisa juga oleh perusahaan sendiri jika perusahaan mempunyai Master Alat Kalibrasinya, punya prosedur yang tervalidasi, dan ada petugas kalibrasi yang Terlatih.

Banyak lembaga kalibrasi yang bisa melakukan kalibrasi Seperti B4T, LIPI atau juga perusahaan yang bergerak di bidang kalibrasi. Jika kita menggunakan perusahaan swasta pastikan mereka telah terakreditasi oleh KAN.

Sedangkan TERA adalah kegiatan kalibrasi yang dilakukan terhadap alat ukur yang digunakan dalam kegiatan perdagangan, seperti Timbangan di pasar, meteran pompa di SPBU, argometer pada TAXI..

Tera hanya bisa dilakukan oleh Badan Meterologi.

Mudah mudahan bermanfaat