Tidak banyak yang mampu menyediakan training QRA dengan kualitas BAGUS (terlebih provider dalam negeri) mengingat sejauh ini saya jarang sekali menemukan expert di dalam negeri yang mampu secara mandiri melakukan QRA.

Tanya – PRINCE TAMBUNAN

Dear Rekan2 Migas,

Mohon informasi untuk tempat pelatihan QRA bidang Oil&Gas…

Atau mungkin ada rekan2 yang bersedia dan mampu memberikan pelatihan ini.

Please email via japri.

Tanggapan 1 – Crootth Crootth

Tidak banyak yang mampu menyediakan training QRA dengan kualitas BAGUS (terlebih provider dalam negeri) mengingat sejauh ini saya jarang sekali menemukan expert di dalam negeri yang mampu secara mandiri melakukan QRA.

Kalaupun ada saya tidak berani merekomendasikannya kecuali saya kenal kualitas trainer nya.

Untuk di luar negeri, yang saya rekomendasikan beberapa lembaga berikut: DNV, QUEST, WS ATKINS, ABS Consulting. Silahkan dikontak perwakilan mereka di negara terdekat (ada cabang mereka di Singapore atau Kuala Lumpur).

Tanggapan 2 – Alvin Alfiyansyah

Om DAM,

Lembaga2 tersebut punya spesialisasi juga kan, whether quantitative or qualitative dan di tahapan mana dalam project ? Dan juga ada software spesifik yang dipunyai atau dipakai oleh mereka semacam PHAST, etc. Dalam negeri ada DNV, ERM dan beberapa nama yg tidak begitu dikenal.

Sebaiknya Bang Prince agak lebih spesifik bahwa anda mau cari training QRA secara umum atau membahas khusus suatu masalah QRA yg paling aplikatif terhadap project anda saat ini ? Mungkin Om DAM bisa memberi petunjuk lebih dalam lagi.

Sekedar urun rembug singkat.

Tanggapan 3 – PRINCE TAMBUNAN

Thanks pak atas masukannya.

Memang sulit mencari trainer QRA yang aplikatif langsung ke proyek, sampe sekarang kami sulit mendapatkan. Karena memang materi yang dipelajari merupakan hal yang baru dan masih butuh pengembangan. Tapi saya tidak pernah meremehkan kemampuan trainer lokal.

Makanya saya minta informasi dari rekan2 sekalian sekiranya ada yang bisa memberikan QRA training untuk oil & gas or mungkin pak DAM bersedia membagikan pengetahuannya 🙂 .

Untuk lebih spesifik materi QRA yang ingin dipelajari (hal yang sudah umum):

1. Penjelasan QRA secara general

2. Identifikasi Hazard

3. Frequency analysis

4. Consequence analysis

5. Representasi dari frequency dan consequence menjadi Risk analysis

6. etc…

Dimana tujuan yang diharapkan nantinya bisa langsung diaplikasikan dalam pengerjaan proyek QRA.

Tentunya rekan2 yang pernah terlibat pasti lebih tahu.

Mohon bantuan rekan2 untuk informasinya…