Membuka manual SACS dapat dilakukan dengan dua cara: 1. Melalui SACSnya langsung, dengan membuka HELP pada toolbar dan click SACS Program Manual, dan pilih modul yang ingin dipelajari/dilihat. Jika dilihat dari display key SACS semestinya membuka manual tidak mengurangi kredit/jumlah access; baik untuk yang unlimited maupun tidak. CMIIW ; 2. Melalui reader/software pembaca file berekstension – PDF. Kelemahan membuka SACS langsung dari directory SACS/Docs (lokasi manual berada) adalah file namingnya. EDI hanya memberikan pencirian dengan 3 huruf untuk setiap file. Seperti dyn.pdf untuk Dynpac.

Tanya – sigit@mmcogel

Dear rekan-rekan milis,

Ada yang punya manual untuk software SACS nggak ya? Kebetulan di kantor ada komputer nganggur ada software SACS 5.2-nya. Lumayan buat belajar. Atau di website mana saya bisa download?
Terima kasih atas infonya.

Tanggapan 1 – Didik Pramono

Mas Sigit,

Browse aja ke website http://www.sacs-edi.com/download/index.html. Disana ada User Manual yang versi Suplemental Manual Release 6, mungkin cukup membantu. Kalau kantor sampeyan beli software original tentu saja disana juga ada Manual Book yang lebih lengkap.

Tanggapan 2 – hananto adi

Iya mas sigit, jika di kantor sudah ada software SACS biasanya sudah lengkap dengan manualnya.
coba kalo sampeyan buka SACS, kemudian masuk ke menu help.disana biasanya link ke manual booknya jika software yang sampeyan beli dilengkapi dengan manualnya.

Tanggapan 3 – Arek Ciputat

Mas, coba cari di:

C:Program FilesSACS52docs

dengan catatan SACS-nya di-install di C:Program Files
Disitu ada pdf untuk semua features dari SACS. jangan lupa, buka pdf ini pun kita harus pake dongle :).

Satu lagi, coba lihat ‘Display Key’-nya.

Kalo kredit-nya un-limited, so aman-aman aja open, run, run analysis pake SACS.
tp kalo kantor sampeyan beli dengan kredit tertentu, harus hati-hati. karena bukan cuma running analysis aja yang akan bikin kredit berkurang. kalo ga salah di SACS 5.2, view 3D pun akan mengurangi kredit. takutnya kita cuma belajar-belajar ajah tahu-tahu kreditnya dah habis. kan bahaya, bisa dimarahi bos 😀

Tanggapan 4 – Tomy Nurwanto

Iya, mas sigit…manualnya itu tinggal di buka di dalam softwarenya, bentuknya PDF…selama original ya…:).

Tanggapan 5 – novan arif hidayat

Mas Sigit,

Manual SACS bisa dibaca-baca di dalam software itu juga.

File nya dalam bentuk pdf.

Coba buka aja SACS executive nya. Kemudian lihat pada pojok kiri bawah, maka akan terlihat 3 menubar, yakni ‘Directory’, ‘Manuals’ dan ‘Demos’.
Klik aja yang ‘Manuals’, di situ akan ditemui banyak sekali item-item nya yg bisa diklik/dibuka.
Dan tentunya akan bisa terlihat folder/path dimana manual file (pdf) tersebut tersimpan, seandainya mau dicopy ke external harddisk/usb.

Selamat mencoba.

Note: kalau mau detail tanya aja ke teman Structural Engineer yg di MMC juga spt Saifuddin dan Andre Joni Deres.

Tanggapan 6 – novan arif hidayat

Yang mengurangi kredit adalah ketika running dan buka model dengan ‘Precede’.
Kalau mbuka ‘SACS 3D’ dan ‘Model Viewer’, tidak mengurangi kredit.
Seperti itulah apa yang saya alami dengan SACS 5.2 yg di kantor saya.

Tanggapan 7 – MINTAREDJA Jerry@saipem

Mungkin permasalahan awalnya yang saya tangkap adalah tidak bisa membuka manual SACS.

Berdasarkan pengalaman saya, membuka manual SACS dapat dua cara:

1. Melalui SACSnya langsung, dengan membuka HELP pada toolbar dan click SACS Program Manual, dan pilih modul yang ingin dipelajari/dilihat. Setahu saya jika dilihat dari display key SACS semestinya membuka manual tidak mengurangi kredit/jumlah access; baik untuk yang unlimited maupun tidak. CMIIW.

2. Melalui reader/software pembaca file berekstension – PDF. Kelemahan membuka SACS langsung dari directory SACS/Docs (lokasi manual berada) adalah file namingnya. EDI hanya memberikan pencirian dengan 3 huruf untuk setiap file. Seperti dyn.pdf untuk Dynpac.

Masalah yang mungkin muncul adalah tidak compatiblenya reader yang digunakan sebagai pembuka SACS manual atau ada file/plugin yang belum terinstall, bisa jadi karena mungkin SACS hanya compatible dengan Adobe Acrobat Reader dengan versi tertentu atau Reader diinstall setelah SACS terinstall di PC. Untuk ini rekan-rekan bisa mengcopy seluruh file berekstension API pada folder tempat SACS terinstall ke directory PLUGIN tempat reader terinstall, semestinya jika plugin ini sudah dicopy, dengan acrobat reader versi terbaru pun SACS manual bisa dibuka.

Semoga membantu.

Terima kasih.

Tanggapan 8 – YORDAN Suseno

Maaf Pak Jerry, saya tetap tidak bisa membuka manual SACS walaupun membukanya memakai adobe reader bawaan dari SACS nya itu sendiri.

Terima kasih.