Sekedar untuk membantu mencegah kebocoran gas, sebaiknya sebelum memasang regulator cek dulu karet seal diujung mulut tabung gas. Kalau masih bocor juga mintalah ke penjual untuk diganti, tapi ini susah karena kita harus membawanya ke toko penjualnya.

Tanya – Amal Ashardian

Selesai masak melepas regulator gas, gas nya ngowos keluar. Valve yang dikepala tabung ngga bisa menutup, langsung mendingin tabungnya, saat tulisan ini di launch posisi tabung di buang ke kebon di belakang rumah dan masih berbunyi ngowos. >>>>>(bagaimana ini kalau terjadi di area perkampungan padat????)

Apa yang harus dilakukan dengan kejadian ini + barang bukti tabung gas ini>>> untuk membuktikan itu valve tetap membuka meski tidak ada regulator yang nangkring di kepala tabung??? Ini benar benar asli masalah ada di tabung gas nya.

Supaya ada tekanan yang kuat thd Pertamina untuk memperbaiki reliability gas 3kg ini??

Supaya Tidak menguap dan dilupakan begitu saja, mengingat sudah banyak korban gara gara gas 3kg ini.

Tanggapan 1 – andyuli

Klo menurut saya, saat kejadian tadi pak amal harusnya sempetin tuk ambil videonya, direkam, trus dikirimkan ke instansi terkait sebagai barang bukti.
Tapi setahu saya, itupun tidak akan cukup kuat untuk menekan Pertamina, karena klo gak salah, pernah ada satu tayangan SIGI di SCTV tentang kebocoran tabung LPG 3kg, dimana didalamnya ditayangkan sebuah kenyataan yang benar-benar nyata ttg tabung bocor (ketahuan saat direndam dalam bak berisi air)…toh tayangan nasional itu tidak cukup membuat gerah para petinggi Pertamina itu.

So, gimana ya caranya tuk memperbaiki kondisi ini??? Jd bingung sendiri nih hihihiii…

Tanggapan 2 – Share Teknik

Pertamina/pemerintah? Emangnya perduli kalau rakyatnya celaka?
Sudah banyak korban akibat tabung gas 3 kg ini yang menurut saya seharusnya ditarik dari peredaran dan diganti dengan tabung yang lebih layak (aman).

Tanggapan 3 – satu hati

Kejadian ini sebenarnya tdk hanya terjadi di tabung 3kg..

Di tempat kerja saya, kebetulan menggunakan tabung 15kg. sering terjadi ketika regulator dipasang, gas terus ‘ngowos’ tindakan yang dilakukan adalah :

1. menjauhkan tabung tsb dari benda yang mudah terbakar.. tapi kalo di pemukiman padat, agak susah karena density LPG lebih berat dari udara..

2. claim thd pemasok LPG tsb.. kalo konsumen rumah tangga bagaimana komplain-nya ??? ini yang susah..

3. ada cara sederhana yang kadang efektif, yaitu dengan menekan penting di ujung nozzle tabung. kemudian tes dengan air sabun. jika sudah tidak ada berarti tdk ada kebocoran..
tapi sebenarnya solusi adalah ada di pertamina atau perusahaan yang diberi kewenangan untuk refill tsb.. sudahkah standard kerja dilakukan dengan benar?

Tanggapan 4 – IndoMigas

Sekedar untuk membantu mencegah kebocoran tersebut, sebaiknya sebelum memasang regulator cek dulu karet seal diujung mulut tabung gas. Kalau masih bocor juga mintalah ke penjual untuk diganti, tapi ini susah karena kita harus membawanya ke toko penjualnya.

Kebiasaan saya setiap mengganti tabung lama dengan yang baru, saya selalu mencopot seal karet dimulut tabung yang lama sebelum ditukar dengan tabung isi yang baru ke agen/penjual, sehingga setiap kali terjadi masalah dengan seal maka dapat segera menggantinya sendiri dengan stok seal yang saya kumpulkan dari setiap tabung kosong yang akan saya tukarkan.

Sangat mungkin seal tersebut tidak diganti oleh stasiun pengisian saat mengisi kembali tabung yang sudah kosong, karena akan menambah cost. Kalau saja 10000 anggota milis migas ini melakukan hal yang sama seperti saya (mencabut seal tabung kosong) maka pengisi tabung akan dipaksa untuk memasang seal yang baru, sehingga akan lebih menjamin berkurangnya kebocoran tabung gas akibat rusaknya seal.

Tanggapan 5 – Crootth Crootth

Mungkin pas pembuatan (tabung) nya prinsip dasar ekonomi yang diterapkan: bikin semurah mungkin dijual secepat mungkin.

Kenapa mas Amal ga beli yang 12 kg saja? bukannya meski dengan harga lebih mahal reliability lebih tinggi (saya alhamdulillah belum bermasalah dengan LPG bottle).

Rangkuman Diskusi selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut: