Select Page

VAD proses adalah vacuum arc degassing process yaitu proses treatment cairan baja di ladle dalam keadaan vacuum yang bertujuan untuk pemurnian baja (steel refining). Proses ini untuk menghasilkan baja dengan kualitas yang sangat tinggi(the production of high quality, metallurgically pure steel).

Tanya – andreas@kopbatam

Saya punya pertanyaan.

Ada berbagai macam proses melting material, seperti Electric furnace followed by Argon Oxygen Decarburization (AOD),Electric furnace followed by either electroslag remelting (ESR) or vacuum arc remelting (VAR). Proses tersebut selalu tertera di setiap mill cert.

Di sebuah mill cert saya melihat ada proses melting VAD. Saya tidak tahu singkatan dari apa VAD itu, sehingga tidak bisa mengkira-kira prosesnya.
Adakah saudari-saudara yang tau apa itu, dan membagikannya dengan milis ini?

Tanggapan 1 – winarto

Buat Sdr. Andre,

Setahu saya : VAD proses adalah vacuum arc degassing process yaitu proses treatment cairan baja di ladle dalam keadaan vacuum yang bertujuan untuk pemurnian baja (steel refining). Proses ini untuk menghasilkan baja dengan kualitas yang sangat tinggi(the production of high quality, metallurgically pure steel).

Tanggapan 2 – rudi-s-rachmat

Buat Pak Andre Yth.

Jawaban Pak Winarto betul sekali…

Sebagai tambahan bahwa yang namanya proses VAD bahan baku sebelum masuk ke furnace dibersihkan dahulu dengan shot blast lalu dipanaskan sampai cair. Kelebihan VAD tersebut oksida yang terjadi sangat kecil, karena dihisap vacuum, sedangkan secara umum apabila oksida terlalu banyak akan menurunkan kualitas baja tersebut. Kelebihan yang lain yaitu degassing dilakukan pada furnace yang sama, ada dengan cara menambahkan argon, Al murni, Ca dll. Penambahan Al murni tersebut sangat dibatasi yaitu 0.05% dari berat, lebih dari itu akan terjadi oksida. Pengalaman kami di MIDCdulu, karena kami tidak punya VAD (mahal ) penambahan Al murni 0.025% di furnace, sisa ditambahkan di ladel. hasilnya bagus. Kembali ke VAD, setelah peleburan menggunakan VAD, untuk transfer metalnya menggunakan ladel bottom pouring, untuk menghindari logam cair bereaksi dengan atmosfir. Malah ada teknologi baru VAD buatan Shinto Kogyo, yaitu furnace berfungsi sebagai Vacuum, Degassing dan automatic ladle. hal ini akan lebih menghasilkan baja yang berkualitas. Demikian semoga ada manfaatnya.

Share This