International Petroleum Investment Co. milik Abu Dhabi telah menandatangani perjanjian dengan shipowner Yunani, Victor Restis untuk berinvestasi di shipping, energi dan transport.

Penulis : Eric Watkins

International Petroleum Investment Co. milik Abu Dhabi telah menandatangani perjanjian dengan shipowner Yunani, Victor Restis untuk berinvestasi di shipping, energi dan transport.

Berdasarkan perjanjian, dua sisi pertimbangan komitmen awal senilai 1.5 milyar untuk investasi di lahan shipping and energy, secara potensial termasuk storage, ship-building, pipelines, dan pelabuhan.

Menurut salah satu analisa industri, memprioritaskan kemungkinan akan bekerjasama dalam menciptakan armada tanki baru untuk mentransport minyak ke Abu Dhabi dan juga kargo third party.

Dalam mengumumkan joint venturenya, managing director IPIC Khadem A. Al Qubaisi mengatakan : “melalui acquisitions dan strategic holdings, consortium baru bertujuan menciptakan first vertically-integrated group yang akan aktif tidak hanya dalam extraction dan refining minyak tapi dalam transportasinya.”

Joint venture yang akan bermarkas di Abu Dhabi, akan dikemudikan dari Athens oleh Restis Group, yang telah siap mengontrol 60 kapal dan memiliki beberapa join venture pada dry dan wet shipping, khususnya melalui cabang-cabangnya Golden Energy Management and Golden Energy Tanker Holdings Corp.

Pada Juni 2006, MISC Bhd., yang dulunya Malaysia International Shipping Corp. Sdn. Bhd., mengatakan cabangnya AET Inc. Ltd. masuk dalam perjanjian dengan Golden Energy Tanker Holdings Corp. untuk membentuk acquire, own, operate, dan charter crude oil tankers.

Perusahaan 50-50 joint venture, memiliki paid-up capital awal senilai $250,000 bertujuan untuk memasarkan dan mengangkut minyak mentah.

Awal Maret 2006, Golden Energy Management menghabiskan hampir 500 juta dolar uang miliknya, yang memesan delapan tanki Handymax dan dua tanki Panamax dari Sungdong Shipbuilding & Marine Engineering Korea Selatan yang dikirim pada tahun 2008.

Masing-masing Handymax seharga 45.5 juta dolar, sementara kapal Panamax yang didatangkan masing-masing senilai 53.5 juta dolar. Kontrak juga termasuk pilihan untuk dua Handymaxes lagi dan dua Panamaxes lagi.

Pada saat ini, Golden Energy Management mengikat tahap perjanjian sewa dengan Chevron Corp. untuk tanker 51,000-dwt Handymax, Energy Pioneer. Tanker dipastikan tiga tahun senilai 22,500 dolar/hari, atau 24.3 juta dolar selama tahap penyewaan.

Pada Oktober 2005, perusahaan Yunani menyewa 74,000-dwt Energy Challenger untuk 2 tahun senilai 31,500 dolar/hari kepada Chevron. “Rate seharga 1,500 dolar standar pasar, membayangkan ice-class 1A dari tanki” kata sebuah sumber industri.

Golden Energy Management memulai pengoperasian pada bulan Agustus 2003 dengan pengiriman dari kapal pertamanya, tanki produksi Energy Century Panamax. Pada saat ini, perusahaan memiliki 11 tanki lainnya yang dalam pemesanan di Hyundai dan STX.

Sumber: www.ogj.com