Cara meredam kebisingan PCV yang paling murah adalah memasang safety sign disekitar PCV yg isinya agar personil menggunakan ear muff (pengurangan bising oleh ear plug paling banter cuma 32 dBA), sehingga personil jadi waspada dengan bising kalo dekat2 PCV-nya. Kalau mau yg agak mahal, ganti PCV dengan yg model bisa meredam kebisingan seperti Whisper Trim (Fisher) dan Tiger Tooth (Valtek), PCV 16 inch itu gede lho, buat 400 MMSCFD lagi.

Tanya – didin afandi

Perusahaan kami memiliki beberapa PCV ( Pressure Control Valve ) berukuran 16′.
Kondisi operasi inlet + 700 psi outlet + 250 psi flow 400 MMscfd ( fluida yang mengalir adalah Natural Gas ).

Dengan kondisi operasi tersebut terjadi beberapa masalah :

1. PCV menjadi basah sehingga cat sering mengelupas, dan kondisi sekitar PCV licin ( membahayakan operator )

2. PCV menjadi sangat bising dengan tingkat noise +120 dB.

Buat semua temen-temen migas ada yang bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut?

Terima kasih dengan sepenuh hati.

Tanggapan 1 – M. Teguh

Pak Didin,

Seingat saya dulu sudah pernah ada yang menanyakan kondisi yang sama di milis ini. PCV dan sedikit di downstream nya akan basah karena suhu yang ikut turun berbanding lurus dengan turunnya pressure, sederhananya P1/T1 ~ P2/T2. T turun sampai < dew point sehingga air yang ada di udara sekitar control valve terkondensasi. Untuk mengatasinya: bisa dengan dipasang insulasi dingin (misal: polyuretahne). Dihitung sehingga suhu di jacketing insulasi > dew point sehingga tidak keringetan lagi.
Tapi jangan lupa painting juga harus yang sesuai untuk suhu rendah.

dP yang tinggi menyebabkan flow velocity juga tinggi, sehingga bisa jadi bising. Selain untuk mencegah kondensasi, insulasi yang dipasang juga akan sedikit membantu untuk mengabsorb noise.
Casing khusus untuk sound absorber yang bisa dibuka-tutup juga bisa jadi pilihan. Operator sebaiknya menggunakan ear plug.

Tanggapan 2 – Rahadian Saja

Saya kurang paham tentang masalah teknis PCV ini.
Tapi saya coba mengomentari dari sisi Keselamatan kerja (safety).
Sesuai Kepmenaker No. Kep.51/MEN/1999 tentang nilai ambang batas kebisingan, angka 120 db itu sudah sangat tinggi sekali. Waktu pemajanan perhari yang diizinkan hanya 7 detik. Katakanlah kita memakan ear muff yang setau saya NRR-nya hanya mencapai 29 s/d 30 db masih menyisakan kebisingan 90 db.. Menurut info yang saya dapat dari Depkes RI (referensi peraturannya saya lupa), NRR dari alat tersebut masih harus dikurangi lagi sekitar 7 db. 120 – (30 – 7) = 97 db

97 db maksimum pemajanan perhari 30 menit. Mudah-mudahan semua karyawan disiplin menggunakan ear muff walau kadangkala kurang nyaman.

Kebisingan tinggi disamping dapat menimbulkan masalah ketulian (permanen) juga dapat menimbulkan efek kesehatan lainnya.

Sesuai hirarki pengendalian resiko, engineering control memang cara yang tepat karena rasanya kita tidak mungkin melakukan eliminasi atau substitusi equipment tsb.

Tanggapan 3 – Akh. Munawir

Pak Didin,

– High Noise bisa muncul karena Velocity dari Fluida yg sangat tinggi.

– Velocity yg tinggi ini mungkin terjadi karena Pressure Dropnya terlalu besar antara Upstream dgn Downstream PCV.

Sebagai tambahan info, SNI mengatur batas maximum kebisingan ditempat bekerja adalah 85 dB.

Urun saran saya,

– Jika kebutuhan Droping pressure-nya cukup tinggi, mungkin bisa dilakukan droping pressure secara bertahap/bertingkat secara serial, tetapi ini perlu didiskusikan dgn Process & Instrument Engineer anda.

– Gunakan ear muff atau ear plug utk mengurangi impact kebisingan pada operator di area tsb.

Semoga bisa membantu,

Tanggapan 4 – Miftahul Arif

Betul sperti mas Munawir bilang. noise yg tinggi terjadi karena velocity yg kenceng.
Coba Pak Didin liat dulu historical sebelumnya. Apakah sebelumnya maksud saya dari awal mula, PCV tsb memang berisik. atau baru terjadi bbrp waktu belakangan ini.
Karena saya yakin Process & Instrument Egr pasti juga mengkonsider Noise dalam desainnya.
Ada baeknya dilihat histroical sheet-nya (coba nanya team maintenance), bisa jadi ada sesuatu yg menyumbat PCV tsb, atau some thing wrong lah.

Klo memang tidak ada yg salah dr PCV tsb, bisa juga dipasang acoustic insulation untuk ngeredam noisenya.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan Februari 2009 ini dapat dilihat dalam file berikut: