Dalam pengolahan gas dari well selalu dilakukan penurunan/pembatasan tekanan (ntah pada kondisi HP mode, MP mode, ataupun LP mode), jadi tekanan gas yang sangat tinggi dari dalam sumur akan dicekik (dikurangi) sehingga dapat mampu diolah. Penurunan tekanan bisa mengakibatkan komposisi & properties berubah, kalo komposisi & properties berubah mungkin saja kualitas berubah, tapi sekali lagi semua tergantung dari spesifikasi yang ditetapkan si buyer & komposisi awal si hydrocarbon gas tersebut + gas processing yang dilakukan. Mungkin saja karena buyer meminta tekanan akhir sekian psi, makanya perlu dilakukan penurunan tekanan =).

Tanya – didin afandi

Saya dari kalangan junior di bidang migas
izin bertanya.

Kami mengoperasikan gas bumi dengan kondisi operasi sbb:

P1 = 700 psi diregulate dengan PCV dengan P2 = 260 psi

Dengan kondisi itu pasti akan terjadi perubahan T. Dari perubahan T ini pasti akan ada energi kn?

Dengan kondisi itu apakah akan terjadi perubahan karakteristik pada gas bumi yang kami operasikan?

Misalnya terjadi perubahan nilai kalor pada gas yang kami salurkan, atau terjadi perubahan kualitas dari gas?

Atau apakah ada perubahan yang lain yang merugikan kami sebagai seller atau merugikan pihak buyer?

Maaf kalo pertanyaannya agak aneh atau malah terlihat lucu…. ( karena keterbatasan saya… ).

Tanggapan 1 – Renita Anggreini

Salam kenal pak Didin…

Sebagai sesama junior di bidang migas, ingin mencoba memberi sedikit tanggapan sebatas pengetahuan saya..CMIIW
Kalau tekanan turun, otomatis komposisi & properties hydrocarbon pasti berubah (pastinya karakteristik juga berubah)..untuk mudahnya silahkan saja dicek dengan HYSYS agar mendapat angka2 yang lebih akurat akibat penurunan tekanan.

Kita juga harus melihat dari keseluruhan sistem prosesnya…di part mana penurunan tekanan ini dilakukan??apa ada hubungannya dengan kemampuan equipment selanjutnya & batasan kondisi proses yang ada?atau jangan2 demi memenuhi spesifikasi tekanan dari si buyer?

Sepengetahuan saya, dalam pengolahan gas dari well selalu dilakukan penurunan/pembatasan tekanan (ntah pada kondisi HP mode, MP mode, ataupun LP mode), jadi tekanan gas yang sangat tinggi dari dalam sumur akan dicekik (dikurangi) sehingga dapat mampu diolah.

Penurunan tekanan bisa mengakibatkan komposisi & properties berubah, kalo komposisi & properties berubah mungkin saja kualitas berubah, tapi sekali lagi semua tergantung dari spesifikasi yang ditetapkan si buyer & komposisi awal si hydrocarbon gas tersebut + gas processing yang dilakukan. Mungkin saja karena buyer meminta tekanan akhir sekian psi, makanya perlu dilakukan penurunan tekanan =).

Kalo saya trial-trial di HYSYS (dengan komposisi gas salah satu project yang sedang saya kerjakan) sih dengan penurunan tekanan dari 700 psi ke 260 psi, perubahan properties & komposisi yang terjadi tidak terlalu signifikan. Tapi inikan baru dari satu sudut pandang saja secara sederhana.hehe.

Mohon maaf kalau banyak kekurangan & kesalahan.CMIIW.

Tanggapan 2 – agus suryono

Mas Didin,

Saya hanya mau share saja.
Penurunan tekanan seperti yang digambarkan pak Didin akan merubah komposisi gas alam tersebut tergantung dari komposisi HC -nya. Dan nilai kalor (Btu) yang dialirkan sangat tergantung dari komposisi gas tersebut.

Bisa saja dengan penurunan tekanan tersebut ada sejumlah C4 yang ada dalam fase gas dan ini akan menaikkan Btu gas tersebut. Biasanya meski Btu gas naik, namun customer tidak menyukai itu karena peralatan di customer sudah di design pada nilai kalor tertentu. Oleh karena itu biasanya producer gas akan menghilangkan (merecover) komponen C3+ untuk memenuhi kebutuhan Btu Lean gas ke customer.

Penurunan tekanan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan customer (peralatan mereka) atau bisa untuk menjaga umur dari sumur (CMIIW).

Tanggapan 3 – Wisnu Purwanto

Jawabannya bisa gampang bisa juga sulit

Nah karena dalam e-mail anda disebut-sebut buyer – seller maka saya berasumsi yang lewat adalah typical saleable gas; sehingga saya kasih jawaban yang gampang saja.

Yaitu, selama tidak lebih rendah dari HC dew pointnya, ngga usah pusing.

Kalau ternyata lebih rendah, ya tinggal di bikin naik T nya.

Anda bisa refer ke AGA 4 kalau urusan kontrak natural gas, mana2 yang perlu dipikirin atau di cuekin.

Gampang khan !