Prosedur standrad utk menghitung dan melakukan kalibrasi K factor dari sebuah Turbine Meter memang ada di API. Silahkan di search API yang berhubungan dengan Custody Transfer atau LACT. Kalau kita di bekerja di pabrik, maka K factor itu bisa di hitung dengan pendekatan tertentu. Hal ini ditujukan utk peralatan baru .. gress anyar …!! Tapi kalau sudah pernah di pakai atau juga utk melakukan re-kalibrasi ulang atau juga utk melakukan perhitungan K factor utk Alat meter jualan (custody Meter), maka sebaiknya lakukan ‘Meter proofing’ yang bisa dengan cara ‘Master Meter’ atau ‘Meter Proofing skid’.

Tanya – dian e.s

Mohon pencerahan,

Bagaimana jika ingin mengkalibrasi meter faktor (K)pada turbin meter secara internal, adakah prosedur2 khusus yang harus dilakukan??

Adakah standard yang mengatur tentang hal tersebut.
Terima kasih banyak.

Tanggapan 1 – Nugroho Wibisono

Pak Dian,

Seingat saya ada standar dari API yang mengatur mengenai kalibrasi faktor K dari turbin meter, sayangnya saya kelupaan (file-nya ada diharddisk) dan karena dalam beberapa hari kedepan saya masih berkelana dibeberapa tempat dijawa tengah, mungkin baru minggu depan saya bisa memberikan sharing pengalaman dari seorang rekan mengenai proving faktor K dari turbin meter.

Mungkin ada rekan2 lain yang bisa membantu?

Tanggapan 2 – Bandung Winardijanto

Nambahin mas Webby,

Prosedur standrad utk menghitung dan melakukan kalibrasi K factor dari sebuah Turbine Meter memang ada di API. Silahkan di search API yang berhubungan dengan Custody Transfer atau LACT.

Kalau kita di bekerja di pabrik, maka K factor itu bisa di hitung dengan pendekatan tertentu. Hal ini ditujukan utk peralatan baru .. gress anyar …!!

Tapi kalau sudah pernah di pakai atau juga utk melakukan re-kalibrasi ulang atau juga utk melakukan perhitungan K factor utk Alat meter jualan (custody Meter), maka sebaiknya lakukan ‘Meter proofing’ yang bisa dengan cara ‘Master Meter’ atau ‘Meter Proofing skid’.

Nah di Indonesia ada beberapa perusahaan yang punya peralatan Meter Proofer. Tapi yang resmi milik pemerintah ada di LIN (serpong) dan juga di Badan Meteorologi (jl Pasteur – Bandung, kalau belum pindah).

Mudah2 an berguna