Kalau bicara maintenance management, sangatlah luas. Ada baiknya lebih specific apa yang diinginkan. Work process dari mulai work identification – planning – scheduling – execution – follow up, sebenernya adalah hal yang basic. Banyak hal yang bisa menjadi dasar strategi, minimal para user harus paham apa operating context untuk equipment/plant yang mereka miliki, KPI atau standard performance-nya.

Tanya – Maurina Andriana

Rekan migas,

Saya ada pertanyaan mengenai maintenance management.
Apakah ada diantara rekan2 sekalian yang dapat menjelaskan mengenai tipe/macam maintenance strategy dan maintenance program yang diaplikasikan di dalam pengoperasian oil and gas facility? Jika bisa, mungkin ada yang bisa memberikan work process dari maintenance strategy, program dan planning.
Dan apa saja yang dipertimbangkan untuk menentukan strategi maintenance tersebut.
Terima kasih atas bantuannya.

Tanggapan 1 – ROSES-Man

Ibu Maurina,

Kalau bicara maintenance management, sangatlah luas. mungkin ada baiknya lebih specific apa yg diingikan. work process dari mulai work identification – planning – scheduling – execution – follow up….
sebenernya adalah hal yang basic. banyak hal yang bisa menjadi dasar strategi, minimal para user harus paham apa operating context untuk equipment/plant yang mereka miliki, KPI atau standard performance-nya.

Untuk maintenance strategy sendiri, banyak metode yang bisa diaplikasikan dalam pembuatan maintenance program. ada yg bersifat generik ada pula yang bersifat individual, semuanya harus disesuaikan dengan karakteristik perusahaan tersebut. mana yang bisa diaplikasikan, ya itu… terbgantung perusahaan tersebut? seperti apa mereka menganggap maintenance itu, cost center, cost control, atau investasi? seberapa tanggap perusahaan tersebut terhadap perubahan yang terjadi di dunia maintenance, yang awalnya hanya berupa ‘fixed when it broken’ sampai menggunakan teknik ‘predictive maintenance’ dengan peralatan yang cukup mahal.

Saya rasa rekan2 migas ini banyak yang berkompeten, namun mungkin perlu pertanyaan yang spesifik… satu persatu dulu. agar diskusinya fokus…..

Tanggapan 2 – edi.triono@ytljt

Bu Maurina,

Mengenai macam maintenance strategy,sedikit yg saya ketahui ada beberapa: (monggo dikoreksi/ditambahkan kalau kurang)

1. Breakdown Maintenance atau kadang disebut run to failure maintenance
–> tindakan/maintenance dilakukan stlh terjadi kegagalan dr suatu equipment

2. Preventive Maintenance atau Calender-based Maintenance –> perawatan dilakukan setiap periode tertentu atau dilakukan sebelum equipment mengalami kerusakan, prinsipnya fix it before it break

3. Predictive Maintenance, atau dsb juga Condition Based Maintenance –> penentuan waktu maintenance dilakukan berdasar data diagnostik, performance, data operasi, desain, maintenance histories, dll.

4. Proactive Maintenance atau kadang disebut Precision Maintenance/Reliability Maintenance –> mengidentifikasi permasalahan dan memperbaiki untuk mengurangi kerusakan –> salahsatu tool nya Root Cause Failure Analysis.

Untuk aplikasinya, tergantung dari SDM (keahlian orang), biaya (investasi), dll.

Pembahasan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia ini dapat dilihat dalam file berikut :