Deluge Valve fungsinya untuk ngontrol flow air (water) di pipe yang akan dihubungkan ke spingkler atau foam system untuk fire protection., adapun cara kerjanya kebanyakan On-Off saja walaupun ada yang modulating type juga. Deluge valve bisa digunakan untuk pendinginan atau pemadamam tergantung design philosophy yang kita inginkan.

Tanya – Muhammad Taufik

Salam untuk semua,

Ada baiknya saya mengenalkan diri sebelum bertanya, karena ini pertama kalinya saya mengirimkan pesan di milis ini. Nama saya Taufik, instrument engineer PT. WIKA, saat ini saya sedang mendesain sistem kontrol untuk sistem pendingin tangki LPG spherical tank yang dihubungkan dengan sistem pemadam kebakaran di bangunan lain serta hydrant. Desain kontrol ini meliputi sensor temperatur, start stop pompa dan buka tutup valve.

Prinsip operasi dari sistem pendingin tangki yaitu ketika temperature transmitter (TT) pada tangki yang dihubungkan dengan Terminal Automation System (TAS) mengindikasikan suhu setting (35 degC) telah tercapai. Maka TAS akan membuka valve yang menghubungkan antara pipa pemadam (yang sudah bertekanan) dengan open nozzle yang terdapat di sekeliling tangki. Selanjutnya TAS akan menyalakan pompa pemadam untuk menjaga tekanan didalam pipa.

Selanjutnya jika TT telah mengindikasikan suhu normal (29 degC) maka TAS akan mematikan pompa pemadam kemudian menutup valve, yang menjadi pertanyaan saya adalah:

1. Apakah valve yang dimaksud diatas bisa menggunakan deluge valve? Teman saya (mechanical engineer) yang mengusulkan itu dengan pertimbangan handal dan ekonomis. Sedangkan ketika saya baca2 tentang deluge valve, alat tersebut didesain khusus untuk sistem pemadam kebakaran (bukan pendingin) yang bekerja dengan inputan dari fire detector, bukan sinyal dari TAS.

2. Jika bisa, lebih efektif mana kah antara deluge valve dengan pneumatic operated valve (POV) atau motor operated valve (MOV)? Mengingat deluge valve memerlukan reset manual, sedangkan terminal LPG sudah menggunakan TAS yang berbasis automasi.

Terima kasih atas perhatian dan kesediaan untuk menjawab :).

Tanggapan 1 – sugeng widyantoro

Pak Taufik,

Sekedar sharing aja, Menurut saya Yang jelas deluge valve itu fungsinya untuk ngontrol flow air (water) di pipe yang akan dihubungkan ke spingkler atau foam system untuk fire protection., adapun cara kerjanya kebanyakan On-Off saja walaupun ada yang modulating type juga. Deluge valve bisa digunakan untuk pendinginan atau pemadamam tergantung design philosophy yang kita inginkan.

Mungkin kasus yang anda design mirip dengan project yang saya kerjakan saat ini. Hanya saja mungkin beda philosophy saja. Deluge system kami hanya untuk fire protection bukan cooling.
Di project saya ada 4 LPG sphere tank, di mana masing2 dilengkapi dg fire detection (heat sensing cable), sprinkler system & deluge system.
Di sini kami tidak mendesain automatic cooling dg alasan temperature normalnya adalah ambient dan kenaikan temperature hanya terjadi jika ada kebakaran di sekitarnya.
Dan kalaupun di perlukan cooling bs saja dilakukan manual oleh operator karena telah kami desain remore manual push button yang bisa di operasikan dari control room selain hand switch di lapangan.

Yang saya tanyakan ke bapak temperature sensing yang Bapak design makai apa?,TT anda ngukur temperature fluida atau lingkungan di luar tangki nya?
Soalnya setahu saya untuk cooling temp sensingnya bisa memakai heat sensing cable type analog yang di belitkan mengelilingi tangki dimana sensingnya lebih mewakili temperature actual dibanding bila memakai TT di satu titik.

Tanggapan 2 – Abhie Dhira

Pak Taufik,

Dari beberapa kapal LPG carrier yg kita design, kita gunakan semua memakain Pneumatic operation valve,

Lebih cepat buka tutup dari MOV..

arti nya secara actuator nya respon nya lebih cepat..
Tapi liaht juag berapa pressure yg di butuhkan untuk pneumatic valve. ( spec nya)
setelah mendapat signal feedback..

Tanggapan 3 – Muhammad Taufik

@ Pak Sugeng: Terima kasih atas jawabannya. Apa semua deluge valve jika telah terbuka memerlukan reset manual di lapangan? Saya memakai TT untuk mengukur suhu fluida, yang akan terpengaruh oleh proses (pengisian/penyaluran ke/dari tangki) dan suhu lingkungan (temperatur ambien dan sinar matahari).

@ Pak Abhie: Terima kasih atas info & sharingnya..

Tanggapan 4 – Crootth Crootth

Kalau ga salah PT Badak LNG menggunakan deluge water system di beberapa tanki nya sebagai pendinginan.

Silahkan tanya mereka untuk lebih rinci nya.

Tanggapan 5 – sugeng widyantoro

Pak Taufik,

Manual reset itu hanya option saja, sama kayak manual reset di SDV atau BDV.,tergantung keperluan process safety nya saja. Sama kayak deluge valve nya sendiri bisa di design manual deluge atau auto deluge, resetnya pun sama bisa manual atau auto reset. Tinggal masalah design philosophy saja.

Tanggapan 6 – sugeng widyantoro

Pak Taufik,

Manual reset itu hanya option saja, sama kayak manual reset di SDV atau BDV.,tergantung keperluan process safety nya saja. Sama kayak deluge valve nya sendiri bisa di design manual deluge atau auto deluge, resetnya pun sama bisa manual atau auto reset. Tinggal masalah design philosophy saja.