Mungkin ada temen-temen yang mempunyai pengalaman dengan bollard dan mooring atau punya hitung-hitungan yang menyatakan bollard saya acceptable atau tidak acceptable.

Tanya – Yuyus Uskara

Dear All,

Saya ada pertanyaan mengenai double bitts bollard, dimana bollard saya mempunyai Max breaking strength of 60 ton.

Nah, sewaktu saya hitung-hitung, secara design, bollard ini memiliki design load 88 ton.

Nah menurut ABS, design load saya kurang tinggi, karena kata dia dengan safety faktor = 2, bollard saya ini tidak memenuhi kriteria dari segi kekuatan.

Jadi, sepengetahuan saya,

SWL= Max breaking streangth/Safety factor
jadi Bollard saya dengan safety factor = 2 akan mempunyai SWL = 30 ton.

Jadi menurut saya, bollard yang saya design itu sudah cukup memenuhi kekuatan yang mereka sarankan, karena dengan safety faktor-nya dua, berdasarkan design, SWL by design bollard saya tersebut sudah melampaui SWL intended working laod (max. beaking strength) yang 60 ton.

Mungkin ada temen-temen yang mempunyai pengalaman dengan bollard dan mooring atau punya hitung-hitungan yang menyatakan bollard saya acceptable atau tidak acceptable.

Terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – Feri Herliawan

Dear Pak Yuyus,

Ini mooring force or bollard pull yg bapak hitung berapa? dari besarnya mooring force or bollard pull x 2 (SF) itu cap. bollard yg diperlukan.

Atau dibalik dari Max Breaking Load bollardnya / 2 (SF) = besarnya mooring force or bollard pull yg boleh diaplikasikan.

Mungkin bisa diperjelas lagi pertanyaannya..

Tanggapan 2 – yudhistira kannu

Sekedar klarifikasi the abbreviation of MBL, which one is the correct? Min.
Breaking Load or Max. Breaking Load?

Sebelum terjadi salah pengertian.
Mohon dikoreksi!!

Tanggapan 3 – Yuyus Uskara

Yang latter Pak Ferli, Max breaking bollard saya 60 ton, jadi ya itu tadi SWL-nya jadi 30 ton kan dengan SF=2.

Jadi seharusnya acceptable is it?

Tanggapan 4 – Yuyus Uskara

Kalo MBL biasanya sih yang saya tau refer ke minimum breaking load dari rope-nya, tapi kalo dalam konteks bollard, saya pake istilah max breaking load untuk menunjukan kapasitas bollard itu. Dari max breaking load bollard itu terus ketemu SWL yang setengah dari max beaking load si bollard (dengan SF=2).
Hubungannya dengan si rope sendiri, yang saya tau kalo refer ke JIS F2001, minimum breaking load buat bollard dengan ukuran diameter 355mm itu rope-nya harus punya MBL 26ton.
Jadi Pak Yudhistira punya pencerahan lagi nih masalah double bitts bollard ini?
soalnya menarik, khususnya buat saya he…he…

Tanggapan 5 – Feri Herliawan

Dear Pak Yuyus,

Mohon maaf saya salah menuliskan pengertian MBL,saya setuju MBL = ‘Minimum Breaking Load’ biasanya sih di pakai untuk ‘Rope’ bukan ke bollardnya, untuk konteks ini lebih aman menggunakan data kekuatan minimum dari bollardnya apakah yang sebesar 60ton?? dan gaya mooring or bollard pull yg Pak Yuyus dapat ada dikisaran 0.5 dari kekuatan minimum bollard tersebut?? kalau mau SF = 2.

Silahkan Pak Yudhistira bisa menambahkan ataupun langsung memberikan koreksi biar langsung cespleng :).

Tanggapan 6 รขโ‚ฌโ€œ 2009

Safe Working Load ( SWL ) = Breaking Strength : Safety Factor.

Tangggapan 7 – Yuyus Uskara

Kembali ke… laptop, eh topik-nya.

Pak Kurniawan juga betul, soalnya Pak Ferli juga udah menulis formula itu dan saya juga he…he…

Cuma memperjelas aja kasusnya…

Kasusnya, dengan Max breaking strength 60 ton dan design load yang saya hitung kira-kira 88 ton dan juga SWL=30 ton dengan SF=2, ko ABS tetep bilang bahwa Bollard saya ga acceptable karena ga memenuhi kekuatan yang dipersyaratkan OCIMF. –ini sebenernya dalam proses klarifikasi sama ABS, jadi saya butuh amunisi untuk menjawab klarifikasi mereka–

Padahal ya kalo refer ke OCIMF yang rekomen bahwa SF=2, maka ya bollard saya no problem, wong bollard-nya refer juga ke JIS F2001 (yang 355mm diameter) dan bahkan menurut IMO (circullar no 1175) SWL-nya malah maksimum 80% dari design load dan design load harus lebih dari 1.25 kali dari intended maximum towing load (yang stated di design kalo intended-nya 60 ton -breaking strength-).

Jadi SWL 80% dari Design load = 88×0.8 = sekitar 70 ton (should be acceptable karena SWL berdasarkan SF=2 dan breaking strength SWLnya cuma 30 ton).

Design load = 1.25 x maximum towing load 60 ton = 75ton (should be acceptable juga, dimana by design, bollard saya design loadnya 88 ton).

Nah, mungkin ada pencerahan nih, berhubung OCIMF kan guide-nya orang-orang Oil and Gas ๐Ÿ™‚ pak El Mundo biasanya nih yang pencerahannya mantap he….he….