Penerapan Scale Inhibitor Pada Sumur Produksi Minyak Dengan Komputerisasi Scale adalah masalah yang biasa timbul pada ladang minyak yang telah tua. Endapan scale ini dapat menyebabkan kurangnya produksi yang salah satunya disebabkan karena penghentian produksi selama perbaikan. Cara yang dianggap paling efektif dan ekonomis untuk pencegahan pembentukan scale adalah dengan menggunakan ’threshold chemical inhibitors’ dengan menerapkan cara ’inhibition squeeze retment.’

Tanya – Super Bagus

Dengan hormat,

Para senior dan teman-teman.

Saya ingin menanyakan bagaimana mengenai kasus2 kejadian pembentukan kerak (scale) yang terjadi di sumur-sumur Indonesia?

Beberapa waktu yang lalu saya belajar tentang hal ini, dan nampaknya masalah ini cukup serius terjadi di negara lain, tetapi di Indonesia saya belum mendengar masalah ini secara pasti. Mungkin ada yang bisa memberikan informasi.

Penelitian yang saya buat ketika itu adalah membuat simulasi pembentukan kerak pada sumur dan sekaligus efektifitas injeksi inhibitor (12 jenis bahan kimia sclae inhibitor) dengan metoda Squeezing. software yang ada telah siap digunakan walau masih memerlukan penyempurnaan dan masukan dari teman-teman.

Mungkin ada teman-teman yang ahli dibidang ini, dan mungkin bisa bekerjasama untuk mengembangkan aplikasi penelitian yang telah dilakukan, agar kita dapat bersinergi dalam mengembangkan dunia perMigasan di negeri sendiri.

Terima kasih,
Mengundang partner untuk bekerjasama.

Tanggapan 1 – Widyastho, Ovulandra Wisnu@chevron

Mas Denny Super Bagus (Halah namanya mantep banget), Kalau penyebab kenapa terjadi scale mungkin sudah dijelaskan di reply sebelumnya, juga sudah diinformasikan bahwa salah satu cara mencegahnya adalah dengan injeksi scale inhibitor. Tipe injeksinya ada macam- macam juga, mulai dari liquid squeeze, encapsulated, capilary tube, dsb. Sama seperti di negara lain, di negara kita juga kasus scale nggak kalah ganasnya. Bahkan – diluar perkiraan saya sebelumnya – kesampaian juga saya melihat scale sulfat di onshore (walaupun tidak di dalam sumur).
Simulasi pembentukan kerak cukup banyak caranya, mulai dari langlier stability index, stiff davis, oddo thomson, scale index, cation- anion balance, hardness index, pakai software scalesoft pitzer dsb hanya yang perlu diperhatikan dalam penyusunan simulasinya adalah kompatibilitas scale inhibitornya. Jenis scale tertentu memerlukan jenis scale inhibitor tertentu juga. Jadi istilahnya sample specific, beda sampel (baca : beda jenis scale) bisa menyebabkan scale inhibitor jenis tertentu tidak bekerja (well, ya walaupun kebanyakan ya dari jenis senyawa yang berdekatan). Jadi kalau boleh usul, jangan sampe dari 12 scale inhibitor itu bahannya sama semua (walaupun beda brand) dan dari software itu mungkin perlu ada variabel jenis scale. Jadi misalnya kalau tipe scalenya lebih ke calcite maka simulasi efektivitas scale inhibitor yang lebih oke yang dari jenis apa, dll… Juga jangan lupa karena pengaruh T & P terhadap pertumbuhan keraknya dan terhadap scale inhibitornya sendiri. Ingat, scale inhibitor bisa bekerja efektif di range T & P nya, diluar itu bisa terurai, mengendap, atau nggak efektif lagi.
Just thought….Anyway, saya support untuk inisiatifnya….

Tanggapan 2 – Super Bagus/Denny

Pak Widyastho,

TerimaKasih atas sarannya,

Soal nama … He he .. Jadi malu… (maklum karena namanya banyak yang pake jadi saya buat ‘agak lain’) tapi emang bagus siy.. :).

Penelitian ini sudah saya lakukan dan beberapa hasil telah diperoleh, saya titip mau tulisan saya ke P Budhi tapi ke alamat yang mana yaa…

Teman yang memerlukan boleh unduh atau kontak Japri ke alamat saya.

Ini memang kelemahan saya, setelah saya membuat penelitian ini saya agak kesulitan untuk membuat implementasinya dan mencoba di lapangan.

Supervisor saya sudah menyarankan saya untuk dikerjasamakan dengan perusahaan kanada untuk mengembangkan software ini, tetapi masak harus orang lain lagi siy yang dapet.

Saya bersedia share dengan teman-teman apalagi ini untuk kepentingan bersama.

Mohon bantuan dan pengarahannya.

Tanggapan 3 – bono

Pak Bagus,

Setahu saya masalah scale sudah menjadi masalah serius oil well di Chevron Duri. Untuk mengatasi masalah itu mereka menggunakan acidizing dan scale inhibitor. Mereka rutin melakukan down hole scale squeeze treatment disana. Untuk lebih detilnya silakan ditanyakan kepada rekan2 Chevron Duri.

Tanggapan 4 – bono

Setahu saya masalah scale sudah menjadi masalah serius oil well di Chevron Duri. Untuk mengatasi masalah itu mereka menggunakan acidizing dan scale inhibitor. Mereka rutin melakukan down hole scale squeeze treatment disana. Untuk lebih detilnya silakan ditanyakan kepada rekan2 Chevron Duri.

Pembahasan selengkapnya :