Select Page

Hydrotreating salah satu proses catalytic hydrogenation yang berfungsi utk menjenuhkan komponen unsaturated (double bond) dan remove S, N, O dan metal dari fraksi minyak di refinery. Sesuai namanya, fraksi minyak yang mengandung impurities atau komponen yang mengganggu spec di-treat dengan penggunaan gas Hydrogen dan katalis dalam sebuah reaktor. Katalis yang digunakan biasanya mengandung metal aktif Cobalt, Molybdum, Nickel, Tunsten (W) dengan support Alumina.

Tanya – Harianto

Saya mau bertanya mengenai apa sih sebenarnya Hydrotreating itu?

Apa guna dari Hydrotreating itu sendiri.?

Bagaimana cara melakukannya..?

Apabila ada link yang terkait dengan masalah tersebut, tolong di berikan ya.

Terima Kasih

Tanggapan 1 – adhi budhiarto

Pak Harianto,

Untuk langkah awal, silahkan mengunjungi website migas Indonesia di http://www.migas- indonesia. net/index. php?option= com_docman&task=cat_view&gid=104&Itemid=42. Kebetulan saya sempat menulis tulisan tentang Hydrotreating Process di Bab IV Teknologi Proses Kilang Minyak Bumi. Silahkan juga dibaca Bab VI Teknologi Proses Kilang Minyak Bumi – Hydrocracking Process (karena di Hydrocracking Process juga ada Hydrotreating process sehingga disana juga saya jelaskan hydrotreating process yang terjadi di operating unit Hydrocracker).

Rasanya sebagai langkah awal untuk mengetahui Hydrotreating process, tulisan tersebut sudah lumayan lengkap. Kalo masih ada pertanyaan setelah membaca tulisan2 saya tersebut, bisa kita diskusikan lebih lanjut baik lewat jarum maupun japri, silahkan aja.

Tanggapan 2 – agus suryono

Mas Harianto,

Sekedar sharing, Hydrotreating salah satu proses catalytic hydrogenation yang berfungsi utk menjenuhkan komponen unsaturated (double bond) dan remove S, N, O dan metal dari fraksi minyak di refinery.

Sesuai namanya, fraksi minyak yang mengandung impurities atau komponen yang mengganggu spec di-treat dengan penggunaan gas Hydrogen dan katalis dalam sebuah reaktor. Katalis yang digunakan biasanya mengandung metal aktif Cobalt, Molybdum, Nickel, Tunsten (W) dengan support Alumina.

Beberapa objective Hydrotreating process diantaranya :

1. Menghilangkan impurities dalam fraksi minyak dimana impurties tsb akan mengganggu / meracuni katalis pada unit proses seseudahnya, contoh : menghlangkan metal dalam feed unit RCC karena akan meracuni katalis RCC.

2. Improve kualitas stream, contoh : untuk memperbaiki smoke point fraksi kerosene/avtur, maka perlu ada penjenuhan komponen aromatic dalam kerosene. Bisa juga dalam rangka memperbaiki cetane index Diesel, dapat dilakukan penjenuhan komponen aromatic.

3. Memenuhi kualitas sesuai regulasi lingkungan, seperti : Kandungan Sulfur dalam Diesel dibatasi 50 ppm (kualitas Euro III).

Demikian, jika ada yang tidak jelas bisa didiskusikan.