Select Page

Pengganti R-22 baik sintetik (misal 407c) atau non-sintetik (misal kelompok Hidrokarbon merk Musicool atau Hycool) sudah banyak cerita suksesnya. Sifat-sifat material ini sudah diketahui lengkap, dan selama substitusi/retrofit dilakukan dengan perencanaan dan perhitungan matang, saya kira tidak akan ada surprise. Beberapa contoh yang sudah sukses menggunakan refrigeran hidrokarbon adalah AC di gedung Deutsche Bank, Gedung Sucofindo Jakarta, Bandara Cengkareng, Hotel Grand Melia, dst (silakan konfirm kalau kebetulan ada yang empunya). Precaution untuk refrigeran Hidrocarbon tentunya masalah flammabilitinya, sedangkan kapasitas dan performance mesin akan meningkat dengan tanpa modifikasi sistem.

Tanya – Putu Mudhita

Di pabrik kami masih ada beberapa unit Refrigerator yang masih memakai R-22 sebagai thermal fluidnya. Dikarenakan tahun 2010 semua bahan yg masih mengandung freon atau R-22 sudah dilarang, kami berencana untuk mencari subtitusinya.

Barangkali ada rekan2 yg berkompeten dalam hal ini, mohon diinformasikan apa saja yg bisa menjadi subtitusinya? siapa saja supplier yg ada di Indonesia?

Kebutuhannya sekitar 10 Ton untuk mengganti R-22 yg ada sekarang, dengan make-up sekitar 1 Ton setahun. Diharapkan menggantian ini tidak diikuti dengan penggantian peralatan didalam system refrigeration yg ada saat ini.

Untuk confirmasi bisa melalui alamat Email: cvt_development@asc.co.id

Terima kasih atas bantuannya.

Tanggapan 1 – Mual Sihombing

Pak Putu yth.,

Terlampir beberapa artikel yang dapat bapak jadikan pegangan untuk mengganti R-22 dengan refrigerant lain. Sekilas info : Refrigerant yang dianjurkan untuk menggantikan R-22 adalah R-407 C.

Mengenai perubahan apa yang akan terjadi, bagian yang harus diganti, setting yang harus diubah, dan performansi sistem setelah penggantian, dapat bapak lihat pada attachments terlampir.

Semoga bermanfaat.

Tanggapan 2 – Dedy Desril A.

Bang Mual,

Saya mau donk materi pergantian R-22 ke R-407C, saat ini memang lagi banyak pemilik refrigeration plant mau menukar refrigerant HCFC dengan yang zero ODP.
saya mau menambahkan bahan pengganti R-22 bukan hanya R407C tapi juga R410A dan R134a.. tapi itu masih depend dari refrigeration equipment yang dimiliki.
Sebagai masukkan kepada pak Putu, telah banyak vendor yang meng-klaim bahwa refrigerantnya dapat menggantikan R22 hanya drop-in, tanpa mengganti equipmentnya dan mereka memberikan trial refrigerant. hasilnya kapasitas cooling tidak mencukupi dan mereka kembali lagi menggunakan R22, berapa banyak R22 yang akhirnya lepas keudara?
Peraturan dibuat untuk menjaga lingkungan agar tidak terjadi perusakan Ozon dan global warming, kalau kejadiannya seperti ini sama saja kita malah merusak lingkungan dan membuang2 uang.

Tanggapan 3 – EG Giwangkara S

dear pak dedy…

‘kapasitas cooling’ yang pak dedy maksud apa ya ? apakah kemampuan mendinginkannya yang tidak dapat memenuhi kebutuhan ?

tentang R22 yang digantikan, mungkin tidak dengan dibuang langsung ke udara, tapi dibakar atau dilewatkan ke insenerator.

Pembahasan selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut:

Share This