Kalau mau jadi seorang Piping Designer dengan Basic Piping Drafter, sebenarnya sulit saya untuk menjawabnya.. karena semua itu tergantung anda untuk meningkatkan kemampuan diri anda di bidang perpipingan dan selalu mencoba apply ke perusahaan yang membutuhkan seorang Piping Designer. Karena biasanya kalau kita stuck di satu perusahaan dan bekerja sebagai piping drafter , tentunya peluang menjadi seorang piping designer di perusahaan tersebut agaknya cukup lama..karena kalau berdasarkan penilaian performance, membutuhkan waktu sekitar 5 atau 6 tahun supaya bisa jadi seorang designer walau anda mempunyai pengetahuan yang lebih di bidang design piping.

Tanya – Tirta Eka

Selamat malam semua…saya mau bertanya beberapa pertanyaan,semoga rekan-rekan milist dapat memberikan pencerahan..
Berapa jenjang waktu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Piping Designer???jika berangkat dari seorang Piping Drafter…
Bagaimana Prospek Peluang kerja seorang Piping and Mechanical Draftsmen yang menguasai software PDMS saat ini??dan bagaimana cara mendapatkan infonya??
Untuk Code dan Standard, biasanya Code dan standard apa saja yang bisa buat referensi dan pegangan jika hendak melangkah menjadi seorang Piping Designer dan seorang Welding Inpector??

Terima kasih untuk semuanya atas jawabannya,saya tunggu segera..Urgent!!!

Tanggapan 1 – iwan saputra

Mas Tirta,

Saya coba menjawab pertaanyaan Mas..

Kalau mau jadi seorang Piping Designer dengan Basic Piping Drafter, sebenarnya sulit saya untuk menjawabnya.. karena semua itu tergantung Mas Tirta untuk meningkatkan kemampuan diri anda di bidang perpipingan dan selalu mencoba apply ke perusahaan yang membutuhkan seorang Piping Designer. karena biasanya kalau kita stuck di satu perusahaan dan bekerja sebagai piping drafter , tentunya peluang menjadi seorang piping designer di perusahaan tersebut agaknya cukup lama..karena kalau berdasarkan penilaian performance, membutuhkan waktu sekitar 5 atau 6 tahun supaya bisa jadi seorang designer walau anda mempunyai pengetahuan yang lebih di bidang design piping.
Dan kalau mau cepat yach coba melamar ke perusahaan lain yang membutuhkan piping designer atau seorang
piping design engineer dan bilamana anda bisa lulus interview tentunya anda sudah menjadi piping designer walau anda hanay punya pengalaman misalnya 3 tahun di drafter piping.

Dan seorang piping designer itu harus mempunyai jiwa seni karena gimana kita meletakkan pipa dalam pipe rack, merouting pipa dan biasanya sudah ada standard2 yang di gunakan untuk merouting suatu system perpipaan dll. Coba buka aja di www.pipingdesign.com dll dan juga rajin membaca buku-buku tentang piping. Dan juga buku Safety in Design.
Dan juga seorang piping designer disamping mengacu kepada safety in design, juga harus mengacu ke maintenance access dan juga construct ability nya. Makanya perlu seorang piping designer terjun ke lapangan untuk melihat kondisi yang ada di lapangan agar supaya design yang dihasilkan cukup cantik, safety, easy to maintenance dan easy for construct.

Dan kalau anda mengusaia PDMS juga sangat bagus, biasanya kalau kita menguasai
PDMS, sudah bisalah dikatakan seorang piping designer. Tapi itulah semua tergantung anda.
kalau peluang PDMS Designer sebenarnya sangat banyak yang membutuhkannya, contoh company yang saya tahu : Mc Dermott, Saipem, Tripatra atau perusahaan2 engineering consultant yang bergerak di bidang Oil & Gas di Offshore dan PDS (di onshore). Dan kalau mau coba di Singapure atau Malaysia juga banyak. Memang sudah banyak lembaga-lembaga training baik di Jakarta atau di Batam yang mengadain training PDMS, tapi itu lah sifatnya lokal dan certificatenya berlaku lokal. Kayaknya tidak ada yang certificatenya langsung dari AVEVA. Sebenarnya di Maret ini ada suatu lembaga training di Batam yang menyelenggarakan PDMS certificate dari AVEVA langsung , tapi itulah karena biaya nya cukup mahal, saya nggak jadi ikutan. Insya Allah, saya ikut di bulan Mei ini.

Kalau pegangan menjadi seorang Piping Designer :

1. Safety in Design Handbook

2. Buku-buku

piping dan standard-standard pemasangan piping yang cantik.

3. Client Specifiation for piping design

Kalau mau dibekali dengan Standard dan Code2 juga bisa :

ASME B31.3, ASME B31.4, ASME B31.8 , ASME B31.1., API 570 dan masih banyak lagi yang lain.

Tapi biasanya untuk standard ASME , API itu yang mengecek Piping Design Engineernya..

Maaf kalau untuk Welding Inspector, saya kurang tahu acuannya kemana.

Inilah sebatas sepengetahuan saya di bidang piping.

Mohon maaf bila tidak berkenan.

Tanggapan 2 – Tirta Eka

Mas Iwan trims ya jawabannya,sekarang untuk Aplikasi PDMS sendiri bagaimana dilapangan pak,apa masih banyak dibutuhkan??karena setau saya sekarang sudah mulai banyak perusahaan yang lebih memilih PDS, dan apa mas Iwan tau dimana kira2 tempat training untuk PDS??

Tanggapan 3 – iwan saputra

Mas Tirta,

Kalau mau bicara aplikasi, yach PDMS banyak dibutuhkan dilapangan. Yach kebanyakan di Offshore. Kalau PDS, saya kurang paham kali karena belum pernah pake.
Kalau lembaga training PDS , saya kurang tahu adanya dimana..

Tanggapan 4 – Tirta Eka

Klo boleh tau perusahaan apa biasanya yang selalu membutuhkan PDMS Draftsmen???karena yang saya tau peluang’lowongan untuk PDMS Draftsmen tidak terlalu dipublikasikan,klo pun dipublikasikan itupun dengan catatan memiliki pengalaman tertentu..

Tanggapan 5 – yanni rosandi

Just info saja, setahu saya PDMS banyak digunakan di kontraktor-kontraktor baik migas maupun petrochemical. make PDMS ato PDS juga tergantung owner nya mo pake yg mana. saran saya coba saja layangkan lamaran kerja ke kontraktor2 yg ada, siapa tahu mereka butuh karena memang tidak selalu dipublikasikan umum.