Pengujian NDT atau DT atau apapun namanya konsekwensinya adalah cost, namun kita harus mengacu pada code dan standard yang digunakan dengan segala konsekwensi yang menyertainya. Kalau untuk menjamin kualitas pengelasan pipa air yang tekanan rendah cukup diperhatikan persiapannya saja antara lain: 1. Weldernya yang kualifikasinya kelas 2 aja sudah cukup tapi harus diyakinkan kemampuannya; 2. Welding machine & accessories nya yang baik; 3. Electrode nya yang sesuai dan tidak lembab; 4. Yang tidak kalah penting adalah prosedur pengelasan. Dan biasanya untuk pipa air tekanan rendah khususnya air minum cendrung menggunakan carbon steel galvanized threaded joint atau PVC, tapi untuk cooling water standard industri menggunakan carbon steel, namun untuk ukuran pipa 2 inch dan lebih kecil akan lebih baik kualitasnya jika dilakukan dengan metoda pengelasan TIG welding.

Tanya – set bud

Saya lagi butuh alat uji NDT untuk mengukur ‘penetrasi welding’, mohon kalo ada yang punya/tau bisa ngasih pencerahan buat kita…thx.

Tanggapan 1 – Indrasukma

Kayaknya pakai Radiography atau Ultrasonic deh, betul?

Tanggapan 2 – abdi raja

Dear mas budi,

Menurut sepengetahuan saya untuk menguji tingkat penetrasi pada pengelasan dapat dilakukan dengan metode Ultasonic Testing atau Radigraphi Testing.Dengan kelebihannya masing-masing.
Untuk Pipe atau Plat lebih baik dilakukan dengan uji RT, dari film yang dihasilkan akan tampak apakah tingkat penetrasi partial ataupun complete.
untuk TKY joint dilakukan dengan UT.
Untuk tujuan welder kualifikasi, hasil welder test dapat dipotong atau sering disebut macro test. namun perlu diingat welder dengan kualifikasi CJP qualified untuk melas dengan PJP. itu tertera pada AWS D1.1, ASME IX.
Selain dengan melakukan pengukuran Partial Joint Penetration dapat juga diketahui dari WPS, karena pada WPS dapat kita baca pariabel-pariabelnya, seperti Groove angle,Root gap,type joint, electrode angle atau torch angle dll.namun jika hendak mengukur tingkatannya dapat dilakukan dengan RT atau UT atau benda uji dipotong (macro). Khusus pada AWS D1.1 memberikan rekomendasi pada Section 3 (Welder Praqualification) mengenai persiapan sambungan untuk Partial Joint Penetration.
Sekian terima kasih.

Tanggapan 3 – BKC1385@cc.m-kagaku.co.jp

Yang saya tangkap dari pertanyaan sdr Budhi, sepertinya bermaksud untuk membeli alat NDT tersebut.

Jika ingin membeli alat NDT, selain masalah duit, tentunya kemudahan dan kecocokan alat dengan aplikasinya yang menjadi prioritas. RT tentunya piliha yang bagus, akan tetapi kesulitan dalam aplikasi, termasuk bahaya radiasinya tentunya akan jadi pertimbangan penting. UT, tentunya akan lebih memenuhi unsur kemudahan operasi alat, disamping kesesuaian dengan aplikasi yang diinginkan, yaitu uji welding penetration yang membutuhkan alat NDT yang bisa inspek kondisi under surface. Yang saya tahu alat UT, sangat bervariasi untuk tiap jenis aplikasi,dari segi probe-nya, cara scan-nya, dll. Mungkin ada dari rekan-rekan yang sangat paham alat UT, bisa menyarankan jenis UT seperti apa yang cocok untuk aplikasi uji welding penetration, yang paling low cost tentunya.
Thanks

Tanggapan 4 – Sutrisno@MedcoGroup

Untuk investasi peralatan NDT disamping pertimbangan cost, dan kecocokan aplikasinya tentu prekwesi pemakaiannya perlu dipertimbangkan. Kalau pemakaiannya jarang atau sedikit lebih baik nyewa aja, karena akan terkait dengan cost. Bila pertimbangannya adalah efektivitas, untuk pemeriksaan jumlah welding joint yang banyak khususnya Pipe line gunakan RT, bila pemerikasaan welding penetrasi yang tidak mungkin dijangkau oleh RT gunakan UT (utrasonic flaw detector).
Untuk pemeriksaan kualitas welding tidak semata-mata hanya welding penetration tetapi jenis defects lain juga harus dapat dideteksi. Kalau untuk investasi UT yang murah meriah bisa melirik ke GILARDONI , Kalau mau yang bagus belilah ‘Panametric atau krautkramer’ maaf ini tidak promasi, namun semua peralatan NDT dan pengujiannya membutuhkan Inspector yang berkualifikasi. Masalah probe akan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Tanggapan selengkapnya dari pembahasan diatas dapat dilihat dalam file berikut :