Galvanized pada dasarnya adalah Carbon steel yang mampu las ( weldable ), namun, karena pipa tersebut dilapis dengan lapisan Zn, akibatnya menjadi sulit di las.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan menghilangkan lapisan Zn tersebut baru dilas. Atau dengan menggunakan kawat las yang mempunyai sifat penetrasi dalam seperti E.6010.

Tanya – ina hakim

Dear all…

Mau nanya neh.. untuk pengelasan pipa galvanize .. sebaiknya menggunakan electrode apa ya..
di tempat saya bekerja selama ini mereka menggunakan E6013 (shipyard and repair) tetapi hasilnya penetrasi tidak bagus dan mereka harus mengelas dari sisi dalam lagi untuk penentrasi
terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – Dirman Artib@amec

Ina dan rekan para pakar welding,

Mohon pencerahan !

Apa benar galvanize pipe adalah material yang mampu di las ‘weldable’?

Tanggapan 1 – Darmayadi@adhireksa

Bu Ina,

Galvainized pipe memang agak rumit pengelasannya, karena pada saat di las arc sulit menembus lapisan Zn yang ada, kemudian setelah pengelasan sifat galvanized rusak karena arc lasan tersebut.
Oleh karena itu, untuk pengelasan pipa galvanized sebaiknya dipilih kawat las yang mempunyai sifat penetrasi dalam seperti : E.6010. Kemudian setelah selesai pengelasan dilakukan pelapisan ulang dengan kawat las khusus ( Kalau merk All State : type Galvover ) yang tujuannya agar sifat galvanizednya bisa diperbaiki. Yang jelas, E.6013 tidak cocok, karena sifat penetrasinya yang dangkal.
Mudah-mudahan bermanfaat.

Tanggapan 2 – Darmayadi@adhireksa

Menanggapi pertanyaan pak Dirman,

Galvanized pada dasarnya adalah Carbon steel yang mampu las ( weldable ), namun, karena pipa tersebut dilapis dengan lapisan Zn, akibatnya menjadi sulit di las.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan menghilangkan lapisan Zn tersebut baru dilas. Atau dengan menggunakan kawat las yang mempunyai sifat penetrasi dalam seperti E.6010.
Mungkin Bapak Dr.Ir.Winarto. Msc bisa menjelaskan dengan lebih detail, karena saya tahu beberapa tahun lalu ada mahasiswa bimbingan beliau yang mengambil tugas akhir dibidang ini.

Tanggapan 3 – Dirman Artib@amec

Pak Darmayadi,

Kalau galvanized pipe dipilih dalam sebuah design, maka besar kemungkinan bahwa joint-nya direncanakan untuk tidak di’welding’, tetapi misalnya di’flange’ atau ‘threading’. Salah satu pertimbangan untuk dipilih Galv. Pipe tentulah untuk memitigasi resiko perkaratan ‘corrosion’ (CMIIW). Lalu, sekarang apa kebutuhan untuk melakukan welding ?
Apakah ini dalam kondisi emergency ?

Persoalannya adalah, kalau dilakukan ‘welding joint’ yg permanent, maka jelas area yg diwelding sudah hilang lapisan galvanizing-nya, apakah ada cara yg effektif untuk memitigasi resiko perkaratan tsb. ?

Tanggapan 4 – Sutrisno@MedcoGroup

Pak Dirman,

Mungkin kita sepakat bahwa CS.pipe galvanized tidak didesign untuk dilas, karena akan merusak palisan galvanize nya. Untuk bagian luar mungkin kita bisa melapisinya dengan coating yang sesuai peruntukannya, tetapi bagian dalam akan mengalami kesulitan. Makanya untuk penyambungan CS galvanized selalu menggunakan threaded atau flanged, hanya kita selalu salah mengambil solusinya yang bermasalah threaded semestinya yang diperbaiki juga threadednya, mungkin dengan melakukan rethreaded hingga didapat threaded antara pipe dan fitting betul-betul matching. Sedangkan yang sering kita temukan solusinya adalah dengan las, kalau memang terpaksa harus dilas berarti kita telah mengorbankan fungsi galvanizenya. Bila material fittingnya maleable iron (biasanya untuk kelas 150/300 adalah maleable aron sedang untuk class 3000# keatas adalah A-105), gunakan electrode ENiCi/ENiFeCI.

Tanggapan 5 – Sutrisno Sutrisno@MedcoGroup

Masalah pengelasan carbon steel pipe galvanized dengan menggunakan E-6010 sudah cukup baik biasanya tidak akan mengalami kegagalan demikian juga E-6013 yang penetrasinya sedang. Biasanya ada masalah lain yang kurang diperhatikan di lapangan, sebagai contoh: umumnya CS pipe galvanized yang digunakan untuk service air (water) pipe fittingnya menggunakan maliable cast iron dan jointnya adalah threaded namun timbul masalah di lapangan terjadi leak dan karena kualitas threaded yang kurang baik dan solusinya di las. Apabila kondisi ini dilakukan biasanya selalu gagal / tidak berhasil karena jointya adalah disimilar metal. Dan solusi yang baik gunakanlah Electrode ENiCI atau ENiFeCI mudah mudahan berhasil.