SS 316 L adalah NACE approved material (bukan berarti SS 316L adalah NACE MR0175 approved material), tetapi karena di mill certificate SS316L biasanya tidak tercantum nilai Hardness (karena tidak diminta dalam standardnya) maka agar dapat comply dengan NACE MR 0175, Par 3.5, maka harus dilakukan hardness test.

Tanya – HEPRIA NALDI

Dear Milister,

Saya lagi mengerjakan Project separator untuk Driling, Disana dinyatakan Material shall comply with Nace MR 0175. Untuk internal separator digunakan material SS 316. Yang saya tanyakan disini, Apakah material SS316 perlu diuji lagi by Nace MR0175 atau kita harus check komposisinya untuk melihat apakah masih masuk standar nace? Karena pengertian saya ditable Nace yang saya punya SS316, SS316L Acceptable for direct Exposure to sour Enviroments.

Terima Kasih

Tanggapan 1 – Riky Bernardo

Dear sdr Hepria Naldi,

Silakan dibaca lagi NACE MR 0175 nya. Disana dijelaskan tentang hubungan antara ppm H2S dalam gas dengan total pressure dari system. Hubungan tersebut diplot dalam bentuk kurva dan dalam kurva tersebut ada zona safe dan juga zona SSC (Sulfide Stress Cracking).

Dalam menggunakan SS 316 dan 316L kita mesti waspada terhadap SSC, karena kedua material tersebut sangat susceptible terhadap korosi jenis ini.

Tanggapan 2 – Sarmin

Pak Riky,

Saya juga mempunyai pertanyaan yang sama dengan Pak Hepria. Manakala fluidanya sudah masuk kategori kondisi yang harus diterapkan NACE MR 0175 dimana partial pressurenya H2S lebih dari 0.05 psia dan total pressurenya lebih dari 65 psia, terus assesment materialnya memakai SS 316L, apakah masih perlu lagi dilakukan tes terhadap material dalam hal comply tidaknya dengan NACE sedangkan 316L sudah listed dalam tabel 3 dimana material ini acceptable for direct exposure to sour environment.

Ketika saya ikut dengan kontraktor Jepang, mereka tidak menyatakan 316L NACE dalam material description meskipun material ini dipakai di sour environment. Kalau CS dan LTCS material, baru mereka menyertakan NACE dalam material descriptionnya. Saya sendiri lebih condong dengan ini karena 316L sudah listed di tabel 3.

Ketika saya ikut dengan kontraktor lokal, mereka menyertakan NACE ketika material dipakai di sour environment baik untuk SS ataupun CS.
Mohon pencerahannya dalam hal ini.

Tanggapan 3 – Deden Supriyatman

Pak Budi, saya ingin lampiran (Microsoft PowerPoint) sekedar menambahkan ketrerangan Sdr Ricky kepada Sdr Hepria.
Kemarin, baru saya terangkan soal ini ke sekitar 60 an mahasiswa Jur Mesin Trisakti dalam rangka Guest Lecture. Teriam kasih, Wassalam, Deden

Attachment : Nace Plot.ppt