Select Page

Pengerjaan dari 146,000 b/d kilang Laffan di Ras Laffan City, Qatar, yang dijadwalkan selama bulan Juli.

Penulis : Uchenna Izundu

Pengerjaan dari 146,000 b/d kilang Laffan di Ras Laffan City, Qatar, yang dijadwalkan selam bulan Juli.

Faisal Al Suwaidi, chief executive officer Qatargas Operating Co. Ltd. (Qatargas), mengatakan bahwa kilang 99% selesai. “Kami masih memiliki sedikit sesuatu untuk dilakukan,”Persiapan aktifitas sudah siap dimulai. Kilang adalah kilang kondensat single terbesar di dunia.” Produk akan digunakan secara internal dan diekspor.

Project berbiaya 800 juta dolar dari yang semula diharapkan 668.7 juta dolar pada tahun 2005, dan diharapkan akan memulai pada quarter ke tiga tahun 2008. Keterlambatan terjadi karena kekurangan dari skilled labor dan materials berikut ledakan pembangunan dari industri lebih dari 3-4 tahun yl.

Kapasitas dari kilang minyak kondensat akan digandakan pada tahu 2014.

Qatargas dan partnernya, termasuk ExxonMobil Corp. dan Total SA, telah membangun unit pemrosesan termasuk utility systems, distillation units, naphtha dan kerosene hydrotreaters, hydrogen unit, dan plant gas yang memproduksi hydrotreated naphtha, hydrotreated kerosene, gas oil, dan LPG untuk export.

Konsortium GS Engineering & Construction Corp. dan Daewoo Engineering & Construction Co. memegang kontrak engineering, procurement, dan construction. Technip SA yang menangani front-end engineering and design.

Qatargas akan mengoperasikan kilang dan menyediakan feedstock bersama dengan RasGas, joint venture antara Qatar Petroleum dan ExxonMobil, serta Al-Khaleej Gas.

Shareholders adalah Qatar Petroleum dengan 51%; ExxonMobil, Total, Cosmo, serta Idemitsu, masing-masing 10%; dan Mitsui serta Marubeni, masing-masing 4.5%.

Sumber: www.ogj.com

Share This