Rekan-rekan semua saya mohon bantuan pencerahannya, sekarang saya sedang menganalisa kegagalan berupa kebocoran plug header ACHE. Dicurigai kebocoran disebabkan oleh faktor gasket material dan kesalahan dalam pelaksanaan pemasangan bolt plug headernya. saya mohon pada rekan-rekan yang mempunyai informasi ataupun referensi berkaitan dengan spesifikasi gasket material soft steel tersebut.

Tanya – Novriandi

Rekan-rekan semua saya mohon bantuan pencerahannya, sekarang saya sedang menganalisa kegagalan berupa kebocoran plug header ACHE. Dicurigai kebocoran disebabkan oleh faktor gasket material dan kesalahan dalam pelaksanaan pemasangan bolt plug headernya. saya mohon pada rekan-rekan yang mempunyai informasi ataupun referensi berkaitan dengan spesifikasi gasket material soft steel tersebut.

Hal kedua disini saya mohon juga sharing informasi atau pengalaman rekan-rekan yang pernah mengalami masalah kebocoran plug header Air cooled HE. Sekarang saya sedang mencoba analisa penyebab kebocoran plug ACHE.
Kondisi kerja ACHE bekerja dengan tekanan operasi 150 kg/cm2, Inlet temperatur fluida yang didinginkan 140 C.

– type ACHE forced draft

– Fluida yang didinginkan hydro carbon + water

Material header SA 516-50/70 gr

– plug material SA 105

– gasket material soft iron octagonal

Permasalahan dimulai setelah penggantian material plug gasket. Material plug diganti dengan material stock baru yang memiliki ciri visual berbeda dengan gasket material yang lama (gasket soft steel existing pada kondisi baru memliki tampilan sedkit buram, sedang new gasket material pada kondisi barunya memiliki tampilan terang mengkilat), disini di asumsikan spec gasket material tidak sama.

Kemudian dilanjutkan dengan prosedur standar hydrotest pada kondisi cold dengan pressure 247 kg/cm2. saat hydrotest tidak ditemukan indikasi kebocoran dan penurunan pressure pada gauge. namun setelah dijalankan dengan pressure dan temperatur operasi (150 kg/cm2 dan 140 C) ditemukan kebocoran pada gasket. question here… apakah ada hubungan antara temperatur, plug material dan gasket material? (batasan permasalahnya jika seandainya gasket terpasang dengan kondisi dan posisi yang benar pada grove di header plat.
Mohon sekali share informasi dari rekan-rekan semua. lg belajar HE nih maklum entry level.

Tanggapan 1 – Dwi Utomo

Pak Novriandi,

Mengenai material ring gasket bapak, menurut hemat saya tidak cukup hanya dilihat dari tampilan fisik (meskipun ini bisa jadi indikasi), tapi harus juga dilihat dari marking pada gaskets tersebut, plus di-compare dengan sertifikatnya.
Apabila masih ada keraguan, bisa dilakukan PMI bahkan uji mekanikal jika sangat diperlukan.

Mengenai kebocoran pada saat operasi (elevated temperatur 140 C), maaf, mungkin ini pertanyaan bodoh, apakah bapak tidak lupa mengganti gasket yang dipakai saat test dengan gasket baru sebelum dioperasikan?

Pengaruh temperatur tentu saja ada, beda material akan menimbulkan beda thermal expansion kan? Sebuah pertanyaan, plug yang bocor itu posisinya dimana? inlet or outlet?
Tapi jika sudah sesuai spek asli dari AC, untuk hal ini rasanya kecil sekali kemungkinannya, karena semestinya ini sudah diantisipasi dengan pemilihan material saat engineering detail design.
Kemungkinan lain, bisa jadi plug yang bapak gunakan sebenarnya sudah aus/oblag, atau malah lubang plugsheet-nya yang sudah aus. Apa sudah diperiksa secara detail?

Tanggapan 2 – A. Rofiudin@sulfindo

Pak Dwi Utomo,

Saat test dilakukan pak Novriandi itu tujuannya ya juga sekaligus leak test menurut saya, jadi gasket tidak perlu diganti. klo yang pertama pressure test selesai lalu gasket diganti berarti perlu leak test lagi.

Kalau masalah kebocoran saat operasi yang beda temperatur itu mungkin karena masalah muai, jadi perlu harga pengencangan pada kondisi panas.
Coba cek torsi yang di aplikasikan apa sudah sesuai manualnya?. (asumsi gasket sudah posisi benar dan kondisi permukaan bersih dan rata).