Heat Input rumus dasarnya V x I dibagi Travel speed. Di tiga row atas itu sudah ada semua parameternya yaitu Voltage, Current (I) dan Travel speed.
Kalau untuk menghitung menjadi range, itu juga bisa dilihat dari nilai parameter2 V, I, dan Travel Speed yang juga berupa range. Kalau mau mencari HI range bawah tinggal nilai yg dimasukan pakai yg range bawah dan vice versa. Untuk applikasi toleransi 10% berarti setelah didapat hitungan diatas anda harus mengurangi range bawah dengan nilai 10% nya itu dan begitu pun range atas.

Tanya – azizar lawer

A small week end work for you. There is some confusion on the heat input range calculation and also how the ±10% heat input criteria is applied. Could you please complete the 2 rows in the attached WPS?.

Tanggapan 1 – Endri Prasetyo

Pak Azizar,

Dari data WPS yang ada, Bapak tinggal hitung range minimum dan maximum dari heat input yang dibutuhkan. Bukankah heat input adalah energi yang ditransfer dari welding electrode/wire ke base metal melalui busur listrik (untuk case arc welding)?

Mengutip dari literatur yang ada, Heat input = 60 E I / (1000 s), dimana H:
kJ/mm, E: volt, I: amp dan s(travel speed): mm/min. Seingat saya topik heat input pernah dibahas di milis ini.
Jadi menurut saya tinggal dihitung saja dari data/parameter WPS yang ada.
Demikian semoga membantu.

Tanggapan 2 – adi yudistira

Dear Pak Azizar,

Heat Input itu rumus dasarnya kan V x I dibagi Travel speed. Nah di tiga row atas itu udah ada semua parameternya yaitu Voltage, Current (I) dan Travel speed.
Kalo untuk menghitung menjadi range, itu juga bisa dilihat dari nilai parameter2 V, I, dan Travel Speed yang juga berupa range. Kalo mau cari HI range bawah ya tinggal nilai yg dimasukinnya pakai yg range bawah dan vice versa. Untuk applikasi toleransi 10% berarti setelah didapat hitungan diatas bapak harus kurangi range bawah dengan nilai 10% nya itu dan begitu pun range atas.

Hati2 dengan satuannya, silahkan di check apakah dgn rumus diatas akan menghasilkan satuan yg cocok dengan yg tercantum di WPS bapak ataukah perlu dikalikan lagi dgn 60 untuk menyesuaikan besaran waktu nya…

Semoga membantu dan untuk para Welding Engineer dimohon koreksinya kalo ada yg salah atau kurang.

Tanggapan 3 – abdi raja

Pak Lawer,

Pak Lawer, hitung aja seperti rumus HI yang bisa, terus untuk minimumnya pakai aja range terkecil dari V,A atau T/S yang ada di WPS.misal range (V)=19-24,maka ambil aja untuk min HI=19 dan max HI=24 dan seterusnya untuk Amp ataupun T/s.
dan untuk tolerance 10% tinggal dikalikan saja,untuk tolerance ke bawah ataupun tolerance ke atas.

Tanggapan 4 – azizar

Pak Abdi dan teman lain yang sudah merespon,

Terima kasih atas pencerahan nya..

Kesimpulan nya HI +/-10% hanya pengurangan dan penambahan 10% dari HI yang sudah dihitung sesuai dengan rumus biasa.

Mungkin ada sedikit koreksi dari format WPS terlampir harusnya travel speed mm/min bukan cm/min sehingga HI nya juga KJ/mm bukan KJ/cm.