Penurunan gloss hot dip galvanize itu hal yang natural. Biasanya dalam 2- 3 hari di udara terbuka sudah hilang. Kalau di dalam warehouse biasanya 1-2 minggu baru hilang. Dengan mulainya lapisan zinc teroksidasi secara merata hilanglah kilap dari permukaan.

Tanya – Endri Prasetyo

Milisters, khususnya yang berkompeten di bidang galvanize,

Mohon sharingnya untuk menjelaskan laju penurunan tingkat kemengkilapan (glossy) lapisan galvanise. Faktor apa sajakah yang berpengaruh?
Terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – Amal Ashardian

Pak Endri

Penurunan gloss hot dip galvanize itu hal yang natural. Biasanya dalam 2- 3 hari di udara terbuka sudah hilang pak. Kalau di dalam warehouse biasanya 1-2minggu baru hilang. Dengan mulainya lapisan zinc teroksidasi secara merata hilang lah kilap dari permukaan.

Begitu oksidasi terjadi karena zinc oxide ini menempel kuat ke material induknya, hasilnya >>kemudian menghentikan proses korosi.

Laju penurunan gloss ini bisa dihambat dengan pencelupan kedalam larutan (zinc cromate) >>(Aku lupa nama sebenarnya larutan ini) setelah material dikeluarkan dari zinc bath. Cuma buat appearance saja pak.

Tanggapan 2 – d7uN6!R

Bolehkah saya menambah pertanyaan seputar permasalahan pada saat proses galvanisasi?
Begini, adakah cara yg dapat menghindari (atau mengurangi) efek deformasi ketika proses galvanisasi telah selesai? Karena selama ini, ketika kami menghadapi situasi seperti diatas, maka kami bending lagi secara manual, setelah proses galvanisasi selesai.
Mohon pencerahannya.
Terima kasih banyak.

Tanggapan 3 – Amal Ashardian

Saat digalvanize bendanya mendapatkan beban temperature.. 450deg Celcius.
Tentu saja barang ini akan memuai ke semua arah. Pemuaian ini harus di masukkan dalam perhitungan design.

Kalau ada cold forming yang biasa menjadikan ada residual stress. Saat digalvanize residual stress ini seakan terlepas (menjadikan materialnya terdeformasi).

Saat design harus diperhatikan, arah pencelupan dan waktunya. Aliran zinc juga menjadi indicator perambatan panas harus diatur. Untuk mengeliminasi deformasi.

Analisa beginian bisa jadi sederhana tapi kalau yang digalvanis sebuah structure yang complicated bisa jadi memusingkan kepala karena sering sering memodelkan perambatan panas itu transient analysis (dynamic). Perlu waktu lama Cuma buat membangun model dan mendapatkan convergency.

Kalau material bapak adalah mass production, sebaiknya designya diperbaiki, tapi kalau cuma insidentil yaa di roll lagi saja pak.