Saya mau beli thermowell untuk separator dan piping , yang saya bingungkan berapa panjang standard thermowell yang masuk kedalam pipa. apakah harus rata-rata 1/2 diameter pipa atau ada ketentuannya?

Tanya – HEPRIA NALDI

Dear Millister,

Saya mau beli thermowell untuk separator dan piping , yang saya bingungkan berapa panjang standard thermowell yang masuk kedalam pipa. apakah harus rata-rata 1/2 diameter pipa atau ada ketentuannya?

Terimakasih atas bantuannya.

Tanggapan 1 – komang DARMADA

Pak Hepria,

Untuk di pipe,tip position biasanya berapa pada posisi 1/3 – 2/3 dari pipe ID, namun kakalu di vessel tidak ada, karena alasan tidak ada flow disitu yang memoengaruhi stress.

Tanggapan 2 – HEPRIA NALDI

Terimakasih atas jawabannya Pak,

Kalau saya artikan: jika pipe ID 74mm, range masuk 25mm hingga 50mm.
Jika boleh tahu reference dari buku/katalog mana Pak Darmada.?

Terimakasih

Tanggapan 3 – komang DARMADA

Ya betul pak, rating dll biasanya ada di spec kalau bapak mengerjakan project, namun ini ada refernsinya, cuma saya gak bisa upload, kalau memang perlu ntar saya carikan via japri saja.

Tanggapan 4 – Maison Des Arnoldi

Lebih baik 2/3 dia inside pipe (60%) kalau 50% moderate.

Tanggapan 5 – Admin Migas

Terima kasih atas kiriman dokumen ‘Thermowells Explained – Application Notes’ Mas Peki, sudah saya upload di URL : http://www.migas-indonesia.net/index.php?option=com_docman&task=cat_view&gid=279&Itemid=42. Saya tambahkan juga salah satu bentuk koneksi thermowell yang tidak standard berbentuk collar, hasil pengalaman saya dulu sewaktu melakukan sizing terhadap thermowell untuk salah satu platform di laut natuna. Kecepatan fluida terlalu besar sehingga bila menggunakan koneksi standard, rasio frekuensi selalu lebih besar dari 0,8. Thermowell collar memecahkan masalah tersebut, tapi tentunya dengan aprroval dari klien.

Thermowell Collar

Thermowells Explained – Application Notes

Tanggapan 6 – HEPRIA NALDI

Dear Pak Budhi and Pak Peki

Terimakasih atas dokumennya. Saya butuh ini untuk explain ke client