AGA Gas AB berencana akan mengimpor LNG melalui terminal skala kecil di 55 km selatan Stockholm pada bulan Mei 2011, menurut perusahaan.

Penulis : Uchenna Izundu

AGA Gas AB berencana akan mengimpor LNG melalui terminal skala kecil di 55 km selatan Stockholm pada bulan Mei 2011, menurut perusahaan.

Terminal dengan kapasitas pemrosesan LNG 300,000-400,000 tonnes/year akan berada di Brunnsviksholme diluar Nynashamn. Terminal akan di disuplai bersama LNG dari Skangass liquefaction plant di Stavanger, yang memiliki kapasitas 300,000 tonnes/year, dan terminal lainnya di Eropa.

“Terminal kami akan memiliki 20,000 cu m kapasitas penampungan,” kata wakil perusahaan. “Kami telah menyerahkan kontrak konstruksi dari terminal kepada NCC Construction Swedia.’

Tanki LNG baru akan dibangun dalam slip form dengan diameter 33 m high dan 38 m. Tanki LNG diharapkan akan selesai selama pertengahan pertama tahun 2010.

Terminal dan tanki memerlukan biaya 275 juta Swedish Krona (SEK).

“Terminal akan menjadi yang pertama dari tipenya di Swedia dan akan memfasilitasi penggunaan gas alam di Central Sweden. Fortum, diantara yang lainnya, akan menggunakan gas alam untuk memindahkan petroleum untuk produksi gas kota di kilang Stockholm dan Nynas yang akan menggunakan gas alam di produksi gas hidrogennya,” kata NCC Construsction.

Pelabuhan bagi terminal akan menerima tanki dengan panjang 160 m dengan kedalaman 9 m.”Kapal tersebut akan menjadi kapal dengan kapasitas 50,000 cu m,” kata juru bicara Aga Gas.

Sebuah jembatan 100-m akan menghubungkan Brunnsviksholme dengan mainland. Kontrak juga termasuk konstruksi dari service building, sebuah jalan masuk ke Norviksvagen, sebuah vehicle bay untuk menerima LNG, dan beberapa ground work.

Sumber: www.ogj.com