Sedikit gambaran singkat untuk pemakaian fire detector. Biasanya heat detector dan smoke detector dipasang diruang tertutup sehingga panas dan asap yang ditimbulkan oleh api terakumulasi diruangan tersebut, ini yang akan dideteksi oleh detector tersebut. Sedangkan untuk flame detector banyak digunakan ditempat terbuka untuk mendeteksi api ataupun flame tersebut, tergantung kondisi lapangan, salah satunya adalah kemungkinan sumber api tersebut apakah dari hydrocarbon gas ataupun lainnya.

Tanya – Fitri Ade Gunawan@plant.tripolyta

Di perusahaan kami lagi mo install fire detektor. selama ini kami memakai heat detektor tapi kejadian sebelum ini ada api kok heat detektor gak mendeteksi. Mohon pencerahan dari teman-teman kira2 jenis fire detector apa yg cocok mengingat daerah yg dideteksi relative panas?
trima kasih

Tanggapan 1 – Arief Rahman T

Selamat pagi rekan2 semua, saya anggota baru, ada hal yang ingin saya tanyakan.

Begini Pak, saya mengalami permasalahan di fire detection (cirberus packages) sudah satu minggu ini ada signal palsu yang aktif untuk heat dan gas detector yang mengakibatkan station shutdown. Setelah kita periksa di field samasekali tidak ada tanda-tanda adanya gas leak ataupun heat. Setelah system kita reset hal ini terjadi kembali. Nah untuk sementara sistem yang mengidikasikan signal ini kita isolated. Namun tentunya tidak berlama-lama. mungkin dari rekan ada yang pernah mengalami hal yang sama, mohon pencerahannya.

Tanggapan 2 – agung s

Pak Arief, saya cari di www.iips-online.com mengenai Introduction to fire detection system tidak / belum ketemu. Mohon penjelasan di bagian
mana bisa didapat?

Tanggapan 3 – Nugroho Wibisono

Pak Agung,

IIPS sudah menerbitkan dua buah jurnal yang bisa anda download secara gratis di :

http://www.iips-online.com/publication.htm

Yang dimaksudkan pak Arief untuk introduction-nya itu ada di The Indonesian Journal of Process Safety Vol.1 No.2 December 2004, dengan judul ‘Fire Detection System: An Overview’ halaman 22, kebetulan beliau adalah penulisnya.

Kembali pada topik diskusi, saya setuju dengan pak Arief bahwa pemilihan sensor untuk fire & gas secara spesifik bergantung pada kondisi-kondisi tertentu, tidak bisa dipukul rata sama semua.

Selamat menikmati jurnalnya.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia ini dapat dilihat dalam file berikut: