Semua jenis BBM (Premium, Kerosene, Solar) dapat diberi warna. Ada pewarna khusus untuk ini yang biasa disebut dyes (pewarna), komposisi kimiawinya saya kurang paham. Fungsi dari dyer ini adalah untuk menandai bahwa kerosene dengan warna tertentu diperuntukkan konsumen tertentu. Saat ini kerosene dengan warna hijau tua diperuntukkan masyarakat tak mampu alias kerosene bersubsidi. Kerosene dengan warna lain (kuning terang, kalau tidak salah)diperuntukkan konsumen lain : industri (?). Jika ada industri memakai kerosene warna hijau tua berarti dia membeli kerosene tidak pada tempatnya alias itu tadi colongan.

Tanya – Mico Siahaan

Dear all, saya mendengar bahwa minyak tanah ada yang diwarnai.

1. Apa kegunaan pewarnaan ini?

2. Apa sih komponen pembentuk pewarna itu? Bagaimana propertiesnya?

3. Selain minyak tanah, BBM apa saja yang bisa diberi warna?

Maaf ya kalau pertanyaan-pertanyaannya ‘basic’ sekali :).

Tanggapan 1 – Ganapati Sjastri Satyani

Menurut informasi semua jenis BBM (Premium, Kerosene, Solar) dapat diberi warna. Ada pewarna khusus untuk ini yang biasa disebut dyes (pewarna), komposisi kimiawinya saya kurang paham. Fungsi dari dyer ini adalah untuk menandai bahwa kerosene dengan warna tertentu diperuntukkan konsumen tertentu. Saat ini kerosene dengan warna hijau tua diperuntukkan masyarakat tak mampu alias kerosene bersubsidi. Kerosene dengan warna lain (kuning terang, kalau tidak salah)diperuntukkan konsumen lain : industri (?). Jika ada industri memakai kerosene warna hijau tua berarti dia membeli kerosene tidak pada tempatnya alias itu tadi colongan… Ini sekadar contoh Mas Mico.

Tanggapan 2 – Safrudin Said

Dear Mico,

Setahu saya pewarnaan minyak tanah dimaksudkan untuk menandai produk tsb. Shg bisa di deteksi bila terkontaminasi dgn produk lain.
Komponen dr pewarna ini yaitu Marker dan Dyes. Dyes hanya untuk warna dgn identitas khusus thd produk,sedangkan Marker adalah pendeteksi produk.
Pewarnaan ini sejenis chemical( aditif)dipergunakan dengan skala ppm dan bisa digunakan untuk semua Refine Product,- Sementara itu,mudah2an bermanfaat.

Tanggapan 3 – Mico Siahaan

Terima kasih Pak.

Jadi ada 2 jenis pewarna ya: dyes dan marker. Dari tulisan Pak Safrudin, marker lebih ‘paten’ ya karena bisa digunakan sebagai detektor produk.

Jika semua jenis BBM dapat diberi warna, saat ini BBM apa saja yang diberi warna? Saya dengar minyak tanah diberi warna untuk membedakan antara minyak tanah untuk rakyat kecil dan untuk industri. Kalau premium atau solar, apakah diberi warna juga? Diberi marker misalnya agat tidak ada pengoplosan BBM murah ke BBM mahal misalnya.

Oh ya, pencampuran BBM dengan pewarna dilakukan di mana ya? Saya dengar bukan dilakukan di kilang melainkan di tangki penimbunan, misalnya Ujung Berung.