Saya mau tanya 1 cargo LNG kalau di hitung dng satuan metric ton LNG tepat berapa ya..? Kalau punya 2 train LNG dng capacity 5.0mtpa/train berapa kargo bisa dapat satu tahun utk facility tsb?

Tanya – tampune ginting

Dear Milisters

Saya mau tanya 1 cargo LNG kalau di hitung dng satuan metric ton LNG tepat berapa ya..? Kalau punya 2 train LNG dng capacity 5.0mtpa/train berapa kargo bisa dapat satu tahun utk facility tsb?

Terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – hasanuddin_inspector

Cargo LNG besaran CuM (M3) nya berbeda2 tergantung size LNG ship nya. Saat ini, kapasitas kargo LNG yg common, range size nya adalah 120,000 s/d 140,000 M3.

Untuk informasi, di Norway ada mini LNG carrier yg smallest in the world, namanya Pioneer Knutsen. Kapal ini punya cargo tank 2 x 550 M3. DWT-nya cuma 640 MT. Sementara di Jepang ada Surya Aki (maaf lupa size nya).

Adapun LNG carrier yg terbesar (Q-max sized) namanya Mozah, yg punya ExxonMobil, dan capacitynya 266,000 M3. Ukurannya sekitar 3 kali luas lapangan sepak bola.

Besar atau kecilnya cargo size, related dengan long/short haul voyage masing2 kapal.

Tanggapan 2 – El Mundo

Generasi baru prismatic tank (membrane – G IV) sekarang dibuat sekelas VLCC atau sekitar 225,000 – 250,000 M3. Kalau Moss type (yg tankinya bulat) saat ini sekitar 35,000 M3 per tanki, jadi kalau kapalnya ada 6 tanki berarti 6 x 35,000 = 210,000 m3 ya kelas VLCC.

Surya Aki (buatan Kawasaki Shipyard – Sakaide) itu punya Tomi Suharto, (Humpus Intermoda Transportation).. Hanya ada 3 tanki type Moss masing2 25,000, jadi total 75,000 M3. Harganay lebih mahal dp kelas 125,000 keatas, kr jarang yg pesan.

Tanggapan 3 – hasanuddin_inspector

Pak El,

Rasanya kapasitas Surya Aki below 20,000 M3. Tapi saya juga lupa pastinya..yang saya ingat dulunya terkategori terkecil sebelum Pioneer Knutsen keel laying.

Tanggapan 4 – Herry Putranto@cendrawasih

Mas Hasanuddin,

Kalau CNG Carrier ada tidak yang kecil spy ekonomis …..setau saya Pioneer Knutsen salah satu yang memiliki kemampuan design apa sdh masuk ke CNG juga..

Tks Infonya.

Tanggapan 5 – hasanuddin_inspector

Pak Boss CNG,

Pioneer Knutsen ini adalah nama mini LNG carrier milik GasNor (Gas Norway). GasNor sendiri setahu saya tidak develop / touch dengan bisnis CNG.

Mungkin yg boss maksudkan adalah Morrison Knutsen (bukan Pioneer Knutsen) yg mendevelop CNG Coselle system. Dan, as far as I know, sampai saat ini belum ada CNG carrier (either small or massive volume) yg on services. Semua masih dalam tataran concept.

Tanggapan 6 – Herry Putranto@cendrawasih

Mas Hasannuddin,

Iya mungkin benar Morrisson Knutsenn soalnya yang saya tau memang dari Knutsen Group, memang betul masih berupa design or concept.

Sekalian nanya deh sama ahlinya nih…bgmn dengan EnerSea Transport LLC, rasanya mereka mengembangkan CNG Carrier kalau saya lihat desingnya sih itu CNG tapi dengan system container 20 Feet jadi seperti carga biasa saja krn itu mereka bekerja samanya dengan K Line.

Bagaimana dengan CE Tech (Compressed Energy Technology)…mereka juga punya concept ke CNG, mungkin pesanannya Statoil krn mereka sdh sering bekerjasama melalui Teekai Shipping dan Hoegh LNG.

terakhir , sorry kebanyakan ya….Columbia juga mengembangkan kapal CNG dengan tubing2 nya yg gede2 (Bottle Type) SIGALPHA 1965, mereka claim inilah First CNG Ship…

Mohon infonya mas….

Tanggapan 7 – hasanuddin_inspector

Pak Herry

Hehehe, wah pak Boss ini kan justru business player CNG, jadi pastinya lebih mumpuni dibanding saya dalam segala hal ttg CNG. Dan lagi, saya tidak mengamati secara spesifik ttg CNG…

Ya, memang SigAlpha ada yg mengklaim sbg pionirnya CNG cargo carrier (since 1965..) dengan teknologi bottle storage-nya. Tetapi untuk dicatat bhw storage capacity-nya amat sangat terbatas, which is means not economic sebagai moda transportasi gas.

CNG jaman modern (???hehe..istilah apa pula ini) tentunya ideally bisa mengisi ceruk antara moda transportasi via pipeline dan via LNG – secara ekonomis.

Berbagai studi menyimpulkan bahwa jarak dan volume adalah 2 hal krusial yg mesti dipertimbangkan apabila CNG akan dikembangkan utk tujuan monetisasi gas/ekonomi. Dan bicara sea based carrier, CNG akan ekonomis utk mentransport (stranded) gas skala kecil s/d medium dengan jarak tempuh s/d sekitar 2500 km.

Kebetulan beberapa pekan lalu saya sempat ketemu dengan kolega lama, salah satu PIC dari Marubeni yg kebetulan skrg involve utk CNG pilot project (korporasi ini bersinergi dg Sea NG dan Teekay sudah mengkomersilkan Coselle system). Dari paparan singkat ybs, Coselle sebagai salah satu sistem transportasi CNG ternyata atraktif juga. Container/cargo mereka ternyata bisa mengangkut gas setara 3 mmscf/cargo.

Sistim cargonya relatif sederhana, yaitu berupa coil/gulungan pipa baja diameter 6′ dengan total panjang 17km. Wah, ini mah sama aja dengan membawa kesana kemari high pressure pipeline 6′ x 17 km, bukan? Saya kurang paham, spec pipanya spt apa. Mungkin pakai API 5LCP coiled linepipe barangkali..dan kalo bener pake spec ini, cuma ada 1 didunia ini yg proven bisa bikin.

Yang lain2 (Votrans, GTM, Knutsen PNG), maaf saya kurang begitu paham sistemnya pak..

Tanggapan 8 – Ical. Murtalak

Bapak bapak,

Kalau saya mau mengankut LNG dengan hanya 50 mm scf/ trip.
Sebaiknya menggunakan apa ya ?
Apakah ada portable cillender tank yg bisa di angkut pake prime mover dan berapa kapasitasnya ?

Mohon pencerahannya.