Apabila hanya ingin mengetahui perilaku gas dalam pipa transportasi seperti profile untuk temperature, pressure, flow regimes, liquid holdup, dan gas properties (density, viscosity, surface tension, dll), sudah cukup menggunakan feature yang ada pada process software seperti ProMax, Hysys, Aspen, dll. Feature ini dalam process software diatas cukup accurate, hanya perbedaannya dengan software2 yang khusus adalah dalam seberapa banyak/detail informasi yang diberikan dan cara pengemasannya saja.

Tanya – Ahmad Firdaus

Dalam rangka mempelajari perilaku gas dalam proses transportasi beserta pipa dan equipmentnya mohon pencerahan software apa yang sudah ada dan bisa digunakan serta bagaimana memperoleh software tersebut? Atas kesediaan untuk berbagi diucapkan terima kasih.

Tanggapan 1 – Mohammad Darwis

Salam hormat Pak Firdaus,

Bapak bisa menggunakan :

– Pipesim atau

– PipePhase (dari SimSci)

– ProFES (dari Aspentech)

Saya lupa alamat / email vendornya, mungkin teman-teman Komunitas Migas ada yang tau?

Tanggapan 2 – darmansyah@palyja

Pak Firdaus,

Softwarenya :

1. HYSYS 3.1

2. AFT Flow

Anda bisa cari di dusit/mangga dua. Saya pernah dapet di e-mall ratu plaza, jl.sudirman.

Tanggapan 3 – Crootth Crootth

Pak Darmansyah,

Mbok yah kalau nyaranin yang bajakan jangan di mailing list ini dunk… kalau Mailing list ini kena tuntut dari ASPEN bagaimana? Kasihan kan Mas Budhi yang sudah susah susah membuat mailing list ini sebesar dan seprofessional seperti sekarang terus tiba tiba ditutup.

Lagipula AFT itu kan lebih pas untuk Piping System, dan tidak disarankan untuk Pipeline/Transportation System…

Untuk Mas Firdaus, saya sudah pernah mencoba HYSIS, PipeSIM, PipeSys, OLGA 2000, kesimpulan saya yang paling mendekati TEPAT adalah OLGA 2000.

Tenang aja semuanya sudah kami miliki lisensinya… bukan bajakan. Harga HYSIS adalah 60000 USD, sementara OLGA adalah 120000 USD. Hysis bisa dibeli dari ASPEN, buka www.aspentech.com sementara OLGA bisa dibeli dari Scandpower, buka websitenya www.scandpowerpt.com . Hehehe, Kemahalan yak? Kalau gitu minta aja dibikinkan software sama www.nawapanca.com yang memang aseli dalam negeri…. siapa tahu mereka mampu membuatnya.

Tanggapan 4 – darmansyah@palyja.co.id

Gus Ronk,

Wah, maaf ya Gus, saya gak sengaja terlanjur kasih tau ke pak firdaus. Soale aku baru minggu lalu jalan-2 ke e-mall, sempat lihat sofware tsb dan kaget kalo ternyata software yang saya tahu sangat mahal harganya tsb telah dibajak.

Tanggapan 5 – Mohamad Aulia

Pak Firdaus,

Ini memang tergantung seberapa detail yang bapak perlukan analisa-nya dan juga seberapa banyak dana yang siap dikeluarkan.

Kalau perlu detail analysis, mungkin software2 yang handle khusus untuk piping seperti Pipesim dan OLGA
2000 akan sangat diinginkan dengan harga yang sesuai pula tentunya.

Tapi kalau hanya ingin mengetahui perilaku gas dalam pipa transportasi seperti profile untuk temperature, pressure, flow regimes, liquid holdup, dan gas properties (density, viscosity, surface tension, dll), saya kira sudah cukup menggunakan feature yang ada pada process software seperti ProMax, Hysys, Aspen, dll. Setahu saya feature ini dalam process software diatas cukup accurate, hanya perbedaannya dengan software2 yang khusus adalah dalam seberapa banyak/detail informasi yang diberikan dan cara pengemasannya saja.

Tanggapan 6 – Ahmad Firdaus

Terima kasih, atas segala informasi yang diberikan, ternyata milist in sangat berguna. Semoga menjadi amal baik semuanya.

Tanggapan 7 – Dody Tetra

Pak Firdaus,

Dapat juga menggunakan software PipeSim (Schlumberger).

http://www.oilfield.slb.com/content/services/software/production/pipesim/index.asp

Tanggapan 8 – Frederika Novita

Sebaiknya tidak membeli yang bajakan karena bisa dituntut, apalagi ketahuan sama yang jualan. =).

Sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri, saya Rika dari Honeywell Indonesia. Sebagai informasi, Honeywell sudah mengakuisisi produk Hyprotech, yaitu Hysys. Dan termasuk di dalamnya aplikasi Pipesys. (http://www.honeywell.com/sites/portal?smap=acs&page=newsrel_detail&theme=T8&c=n&id=AF292B376-7D0A-46FB-ABE2-721A9426205C&catID=C7QSOLUMN6XDSBJOBGCBWFFLVQI6CWN9V) Honeywell menjual produk ini dengan nama Unisim.
Untuk informasi lebih lanjut tentang produk ini lewat japri saja yah..

Tanggapan 9 – Wibisono, Nugroho

Hehehe..

Ati2, Mbak Rika sebagai orang yang punya software-nya Hysys udah comment loh… ati2 yang punya software Hysys bajakan huehehe…

Untuk pak Ahmad Firdaus sebagai orang yg pertama melempar topik tentang software pipeline, saran saya, coba untuk lebih memahami persamaan-persamaan dibelakang layar si software biar tidak timbul kecurigaan ‘Loh ini kok gini? Loh yg itu kok gitu?’. Syukur2 kalau persamaan tsb bisa diimplementasikan di excel, lebih murah, lebih user friendly dan bisa dikembangkan sendiri. Saya kira dibuku-buku yang berkaitan dengan process engineering harusnya menyinggung2 sedikit mengenai pipeline.

Saya sendiri kurang begitu paham, tapi saya pernah berdiskusi dengan tim pembuat software khusus mengenai pipeline dari salah satu universitas di indonesia bahwa mereka mengembangkan software versi mereka sendiri dengan pertama2 adalah mengimplementasikan persamaan-persamaan steady state, yang tentunya lebih sederhana dari kondisi dynamic. Jadi pemahamannya dibangun dari hal-hal yang bersifat dasar dan sederhana.

Terima kasih dan mohon koreksinya. Ciao tutti!!..

Tanggapan 10 – Ahmad Firdaus

Terima kasih untuk sarannya Pak Nugroho, itupun yang saya rencanakan. Tampaknya excell juga bisa memberikan beberapa iterasi terutama beberapa point untuk pengecekan. Biar nggak kayak entrymen banget deh. Tapi excel saya dari mana yah? oh ya hibah dari yang jual hardware.

Tanggapan 11 – O n e i

Saya udah pernah coba modul SAFETYNET Dynamic dari Chemstations (www.chemstations.net) harganya jauh lebih murah, lebih user friendly dan ternyata sudah ada perhitungan DIERS (design institute for emergency relief systems) yang terintegrasi.