Automatic tank gauging, biasanya di gunakan sebagai control di sebagian besar petroleum refinery atau storage tank terminal yang menginginkan keakuratan dari level atau pun data .Pusat system tersebut biasanya di sebut Tank master,untuk mendapatkan data yang akurat maka di tanki storage di gunakaan RTG ( Radar tank Gauging),yang fungsi nya memberikan data dari level tanki ke substation dan di teruskan ke Tank Master (DCS),biasanya dari radar terdapat 2 wire satu wire ke display (menunjukkan level & temperature) 1 wire lagi ke subsation dan di teruskan ke DCS. RTG pun bermacam-macam, tergantung jenis tankinya(External folating roof,Internal Floater atau Dome roof itu pasti menggunakan type yang berbeda),Untuk kalibrasi nya biasanya adalah dengan manual gauge ( Innage method atau Ullage method ,dngan menggunakan pita ukur yang di olesi oil pasta),dan di compare dengan data ATG,Kalau untuk pengukuran custody dengan turbine meter atau Coriolis meter dengan kalibrasi tank probe dari meteorologi ( Indonesia) sebelum masuk ke lorry/truck,bisa juga dengan menggunakan weightbright tetapi harus tau juga density dari jenis produknya.

Tanya – kodar sudiono

Nama saya kodar, salah satu mahasiswa di ITS surabaya.
Kepada rekan-rekan yang ada dimilis ini, saya mau bertanya perihal ATG,
apakah pengaruh dari cahaya matahari terhadap oil dalam tanki sangat signifikan??
sehingga berpengaruh juga terhadap volume oil dalam tanki tersebut meningkat secara significan juga. Terimakasih.
Mohon penjelasannya

Tanggapan 1 – Triez

Mo share dikit .Tentunya saja ada,mas.Klo significant ato ngga itu tegantung volume x KL tanki kita dan tingkat akurasi ATG , 2mm,3mm,..dst.Kadang masalah akurasi ATG ini yg jadi masalah yg agak kritis.Di tanki kan kita juga ngasih sejenis PT 100 buat temperature sensor dan transimtter dengan beberapa hole level sebagai komparasinya, selain Water Bottom Sensor ( if any ). Saat siang hari dan malam tentu hasilnya akan berbeda.Makanya klo saat manual dipping di dipping hole tanki, waktu waktunya sudah di tentukan, Setelah itu baru hasilnya di komparasi dengan standard.
Ini sebenarnya seharusnya sudah dihubungkan dengan losses tanki secara general.
Mungkin untuk referensi ATG , termasuk jenisnya dia radar ato Servo,coba aja diliat dibeberapa vendor di di internet seperti Enraf,Endresshauser,Tokyo keiso..dll..
Semoga berguna,mohon koreksinya klo ada yg salah..

Tanggapan 2 – Cak Hud

Mas Kodar,

Pernyataan sampeyan bahwa perubahan temperature akan mempengaruhi volume (level) oil dalam tank adalah benar. Sehingga dalam ATG system (terutama untuk aplikasi custody), bukan hanya variable level saja yang diperhatikan, tetapi variable yang lain seperti temperature, density & tank calibration table juga sangat penting dalam calculation (inside ATG system) untuk mendapatkan actual volume oil (@ standard condition) dalam tank anda.

Tanggapan 3 – ebahagia

Cak Kodar,

ATG iku singkatan opo seh? coba di perjelas dulu.

Tanggapan 4 – Sutanto@tf.itb

ATG Automatic Tank Gauging

Pengaruh cahaya matahari.
Jika temperatur naik, maka akan menyebabkan perubahan volume. Perubahan volume fungsi dari koefisien muai volume oil dan perubahan temperatur itu sendiri.
Significan atau tidak tergantung volume mula oil dan oil tersebut ditempatkan dimana. Karena wadah tempat oil tersebut berada juga mengalami pemuaian ketika temperatur naik.

Tanggapan 5 – kodar sudiono

ATG = automatic tank gauging cak ibnu

suatu alat untuk mengukur level sehingga dapat diketahui volume/massa fluida yang akan kita ukur nantinya.
tapi prosesnya saya masih belum segitu mengerti cak.
mungkin cak ibnu bisa membantu.

Tanggapan 6 – roeddy setiawan

Sekedar tambahan pak,

Atg acronim dari automatic temperature gravity compensator,.,,,, karena penjualan minyak nya meneurut volume tentu saja energy dr matahari yang memanaskan minyak akan menyebabkan volume atau gravity nya berubah,, untuk itu dipasang ATG yang akan mengkomnpensasikan gravity dr minyak yang di jual/beli/transfer ke temp[erature standard…. biasanya 60 F tapi tentunya bisa dipilih temp berapa saja tergantung kesepakatan..

matahari merubah banyak ?????, yes and no pak kalau kita beli nya ngeteng di bapak yang menjual literan tentunya tidak significan,,, tapi kalau kita punya kontract tahunan misalnya setiap 7 hari kita mesti lifting satu juta barel maka annually tentunya financial wise besar sekali.

Tanggapan 7 – Weby

Mas Kodar,

ATG sendiri hanya mengukur secara fisik ketinggian cairan hidrokarbon pada temperatur dan tekanan tertentu (kondisi aktual). Pemekaran/penyusutan volume pada kondisi aktual dari minyak sih gapapa, kan nanti jual2an minyaknya dalam kondisi standar (contoh: pada 60degF).

Seberapa besar pengaruhnya terhadap volume aktual minyak, tergantung kondisi geografis dan lokasi tangki. Kalau kondisi tangki ada di onshore Timur Tengah di siang hari, bisa jadi volume aktualnya meningkat secara signifikan dibandingkan malam hari, tetapi volume dalam keadaan standarnya tetap sama baik siang maupun malam. Berbeda kalau lokasinya ada di perairan tropis dan tangkinya ada di lambung kapal (dimana isi lambung kapal seperti ‘didinginkan’ oleh air laut disekitarnya) seperti FSO/FPSO, maka pengaruh sinar matahari tidak terlalu berpengaruh terhadap volume aktual minyak.

Tanggapan 8 – Adiharjono

Oh ATG tank gauging ya…kirain all terrain grade nya komputer Dell he..he
Setau saya atg gak dijadikan alat pengukuran custody transfer. Hanya sebagai mass balance ketika Ada stock opname. Walaupun begitu keberadaan atg tetap digunakan dan keberadaannya tidak bisa dilepaskan Dari pengaruh suhu. Dan untuk kalibrasi diperlukan refference lain yang dapat dipercaya biasanya menggunakan sounding. Yang secara simpel sounding adalah mengukur aktual level dengan pita ukur yang sudah diolesi sejenis pasta penanda liquid.
Untuk pengukuran custody yang terkenal biasanya menggunakan turbin meter atau dengan mass flow meter.
Jika menggunakan lorry biasanya menggunakan timbangan lah yang dijadikan acuan custody
Kembali kepertanyaan mas kodar, jawabannya jelas pengaruh, tetapi sudah diimbangi dengan pemuaian tank nya dan sistemnya (sistem tertutup), untuk lebih jelasnya sudah dijelaskan oleh mas weby.
Begitu kira kira, Kalo Ada yang salah mohon dikoreksi.

Tanggapan 9 – tri antoro

Sekedar melengkapi,Automatic tank gauging,biasanya di gunakan sebagai control di sebagian besar petroleum refinery atau storage tank terminal yang menginginkan keakuratan dari level atau pun data .Pusat system tersebut biasanya di sebut Tank master,untuk mendapatkan data yang akurat maka di tanki storage di gunakaan RTG ( Radar tank Gauging),yang fungsi nya memberikan data dari level tanki ke substation dan di teruskan ke Tank Master (DCS),biasanya dari radar terdapat 2 wire satu wire ke display (menunjukkan level & temperature) 1 wire lagi ke subsation dan di teruskan ke DCS. RTG pun bermacam-macam, tergantung jenis tankinya(External folating roof,Internal Floater atau Dome roof itu pasti menggunakan type yang berbeda),Untuk kalibrasi nya biasanya adalah dengan manual gauge ( Innage method atau Ullage method ,dngan menggunakan pita ukur yang di olesi oil pasta),dan di compare dengan data ATG,Kalau untuk pengukuran custody dengan turbine meter
atau Coriolis meter dengan kalibrasi tank probe dari meteorologi ( Indonesia) sebelum masuk ke lorry/truck,bisa juga dengan menggunakan weightbright tetapi harus tau juga density dari jenis produknya,Mohon dikoreksi juga kalau terdapat kesalahan,

Tanggapan 10 – Triez

Sekedar menambahkan,maaf mas antoro,maksudnya RTG ini apa ya?yg pernah saya tahu ATG ada 2 satu jenis Radar dan satunya lagi Servo. Nah, RTG ini jenis ATG ato teknologi dari ATG?Trus disebutkan juga jenis roof tank.Baik floating maupun fixed setahu saya bisa digunakan salah satu dr 2 jenis tersebut,bisa Servo bisa Radar. Terus untuk sistem telekomunikasinya juga memang ada perbedaan,termasuk mechanicnya dan equipment pendukungnya. Klo untuk Custody memang setahu saya relatif,ada dibeberpa yg pake tank level ATG ada juga yg pake meter,tergantung SOP awal kesepakatan.
Mohon penjelasannya,yg dimaksud RTG ini kategori yg mana?

Tanggapan 11 – tri antoro

RTG ( Radar Tank Gauging) adalah salah satu dari jenis ATG :

1.Servo

2.Radar ( Parabolic antena , aray antena etc)