Fabrikator HE dikelompokkan sesuai dengan kapabilitasnya untuk memproduksi tipe2 HE tertentu. Seperti diketahui bahwa ada beberapa jenis HE yg kita kenal saat ini, misalnya shell & tube heat exchanger, Plate heat exchanger, air cooled heat exchanger, dst…Masing2 vendor biasanya hanya menspesialisasikan untuk satu atau dua jenis HE.

Tanya – Huyon Shef

Saya lagi cari fabricator Heat Exchanger. Jika rekan2 punya link tolong informasikan saya lewat JAPRI.
Terima kasih.

Tanggapan 1 – putri anindya

Menambahkan pak Huyon,

Fabrikator HE ini sebenarnya masih dikelompokkan lagi sesuai dengan kapabilitasnya untuk memproduksi tipe2 HE tertentu. Seperti diketahui bahwa ada beberapa jenis HE yg kita kenal saat ini, misalnya shell & tube heat exchanger, Plate heat exchanger, air cooled heat exchanger, dst…Masing2 vendor biasanya hanya menspesialisasikan untuk satu atau dua jenis HE.

Yg. disebutkan pak Nur Asyadi di bawah ini (BBI) mungkin lebih spesialis ke tipe shell & tube HE, tapi tidak punya kapabilitas membuat jenis plate atau air cooled HE (CMIIW….itu yang saya tahu sampai saat ini, entah kalau sudah melakukan pengembangan lebih lanjut).

Mungkin pak Huyon bisa lebih spesifik tipe HE apa yg diinginkan.

Tanggapan 2 – Huyon Shef

Pak Sulis,

Terima kasih atas koresinya. Tadi saya terburu2 bikin email sehingga saya lupa mencatumkan tipe HE nya. Yang saya perlukan saat ini adalah tipe Shell and Tube. Juga fabricator yang saya inginkan adalah yang capable dan mempunyai banyak experience dalam memfabrikasi HE (Shell

and Tube)dengan material Stainless Steel maupun Carbon Steel di perusahaan Oil, Gas, dan Petrokimia.

Tanggapan 3 – edfarman@ikpt

Untuk STHE ada beberapa yang cukup berpengalaman, namun… Tergantung lagi sama kebutuhannya Pak Huyon nih,

– Fabrikasi apakah termasuk rating thermalnya?

– MOC (Material of Construction) as Standard designation ditentukan oleh siapa?

– Kaitannya dengan warranty yang diminta apakah termasuk thermal dan mechanical?

– Selama material standard CS dan SS pasti nggak masalah di local, tapi belum tentu untuk specific material (misal Titanium).

Jika semuanya terjawab ‘ya’, coba SBS (Surya Besinda Sakti), fabrican ini mampu. Kalau nggak salah SSB (Sanggar Sarana Baja) juga bisa. Jika thermal nggak perlu, selain SBS & SSB diatas, ada PAL, BBI, BRT yang biasa kami gunakan namun rating harus inhouse (sendiri) dan garansi biasanya cuma mechanical, thermal nggak mau. Mereka semua sudah cukup qualified sesuai kelasnya aplagi jika perlu ASME Stamp yang biasanya diminta di Oil & Gas.

Untuk Air Cooled & Plate Heat Exchanger, setahu saya belum ada local fabricator yang berdiri sendiri.
Pasti mereka punya principal dalam design, selanjutnya jadi ‘tukang jahit’/installator tok. Apalagi Plate Heat Exchanger setahu saya yang ada di Indonesia hanya sebagai local agent.
Please CMIIW.

Tanggapan 4 – Yohanes Subono – EGD

Pak Huyon Syef Yth.,

Tetangga Bapak banyak yang ‘berfrofesi’ sebagai Fabricator, siapa tahu mereka sudah pintar membuat HE seperti Cilegon Fabricator (PIC Mr. Hery Pudyanto), Gunanusa Utama Fabricator (Mr. Olap Prambudi). Menjauh dikit dikawawan industri krakatau ada Daekyung Indah Heavy Undustri (Mr. Irfan Yuliato), Cahaya Utama, Multifab dan Siemens. Lebih jauh lagi ada Surya Besindo Sakti di Serang dan Sanggar Sarana Baja di Pulogadung.
Semoga membantu.