Untuk mengetahui kapasitas boiler yang diperlukan untuk menghasilkan listrik 7 MW, pertama kali perlu ditentukan dahulu turbine yang akan dipakai, baik type maupun turbine maker mana yang akan dipakai. Lalu dibuatlah sebuah kalkulasi Heat and Mass Balance Diagram (HMBD) sehingga dari situ bias ditentukan kapasitas boiler yang dibutuhkan. Bila memakai Condensing Turbine, kira-kira dibutuhkan 35 sampai 40 ton/hour steam, dengan temperature 425 derajad C dan tekanan 42 bar. Ukuran ukuran ini tergantung dari turbine maker, karena merekalah yang mengenal produk mereka. Kalau memang akan ada pemakaian steam untuk process, maka dipakai extraction condencing turbine, back pressure turbine dan extraction back pressure turbine. Kalau demikian, maka memang kapasitas boilernya harus ditambah lagi untuk mencapai keduanya, 7 MW dan steam untuk process.

Tanya – Kunarta Djayaputra@petrosea

Di tempat saya bekerja sedang di process proposal Power Plant (PLTU) dengan capacity 7 MW . Kecil memang dibandingkan dengan PLTU yang sudah ada. Problemnya sekarang ada engga manufacture dalam negeri yang bias supply Boiler dengan kapasitas tersebut diatas.

Kalau ada teman2 yang punya informasi dan sharing ke saya, sangat saya hargai.

Tanggapan 1 – Yohanes Subono – EGD@capcx

Dear Pak Kunarto Jayaputra,

Bapak dapat menghubungi PT Cilegon Fabricator (PIC Bpk. Hery Pudyanto – General Manager Boiler & Pressure Vessel). Email beliau saya cc. Kebetulan sekali beliau juga sebagai Dewan Penasehat KMI Banten.
Disamping pressure vessel juga bikin boiler brand IHI pasti bisa tailor made.
Mudah – mudahan membantu.

Tanggapan 2 – Stephen Rahmat (FGM)@agip

Kun,

Gue sekarang di Agip, Gempol, Pasuruan…. alih profesi sekaligus sekolah lagi di Surabaya.

Kalo gue lihat 7 MW, paling tidak memerlukan 300-350 T/hr dan high pressure steam. Lu mau pake condensing atau extraction system sih ? Anyway, di Cilegon ada 2 fabricator yang bisa bikin boiler (dan bersertifikasi Migas), yaitu Daekyung Heavy Industri dan Cahaya Anugrah Tama yang keduanya ada di dalam kawasan KIEC. Contact person yang di DHI gue lupa, tapi yang di Cahaya adalah Ir. Sri Mulyono, HP 62811 122 212, e-mail : srimulyono@cahaya-anugrah-tama.com …. no kantor nya lupa.

Tanggapan 3 – Errick

Untuk mengetahui kapasitas boiler yang diperlukan untuk menghasilkan listrik 7 MW, pertama kali perlu ditentukan dahulu turbine yang akan dipakai, baik type maupun turbine maker mana yang akan dipakai. Lalu dibuatlah sebuah kalkulasi Heat and Mass Balance Diagram (HMBD) sehingga dari situ bias ditentukan kapasitas boiler yang dibutuhkan. Bila memakai Condensing Turbine, kira-kira dibutuhkan 35 sampai 40 ton/hour steam, dengan temperature 425 derajad C dan tekanan 42 bar. Ukuran ukuran ini tergantung dari turbine maker, karena merekalah yang mengenal produk mereka. Kalau memang akan ada pemakaian steam untuk process, maka dipakai extraction condencing turbine, back pressure turbine dan extraction back pressure turbine. Kalau demikian, maka memang kapasitas boilernya harus ditambah lagi untuk mencapai keduanya, 7 MW dan steam untuk process. Maaf, Pak Stephen, bukan maksud hati menggurui. Pak Kun, untuk boiler maker di Indonesia bisa juga di lihat di Yellow Pages. Banyak sekali boiler maker di Indonesia yang mampu membuat, tinggal dipikirkan jarak dari site installation.

Tanggapan 4 – Kunarta Djayaputra@petrosea

Mas Stephen, Pak Yohanes, Mas Fajar, Pak Asngat, Mas Tri Lestyo, Terima kasih banyak atas response nya.
Mitra kerja saya dari Australia sangat antusias dengan apa yang sudah ada di Indonesia. Dia engga nyangka kita sudah lumayan maju progress nya. Dia pikir tadinya kita harus import semua equipment yang dibutuhkan. Mas Tri nanti saya contact direct. Mas Stephen bulan depan kalo jadi ke Surabaya aku contact ya. Kita ketemu disana.

Tanggapan 5 – Kunarta Djayaputra@petrosea

Terima kasih Pak Errick atas penjelasan nya yang sangat jelas dan clear. Saya jadi tahu mana yang akan saya pakai nanti. Maksud hati sich mencoba untuk memakai product Indonesia sebanyak mungkin.
Sekali lagi terima kasih.

Tanggapan 6 – Yohanes Subono – EGD@capcx

Pak Kun Yth.,

Melengkapi posting Pak Stephen:

Daekyung Indonesia Heavy Industries, bisa kontak Mas Agustinus Gana (agustg@mail.daekyung.co.id), Phone +62 0254 310307 Fax.: +62 0254 393360/61, HP 08128448320.

Cahaya Anugerah Tama, Phone +62 0254 393315/380315/371401/383861/2
Fax : +62 0254 385708

Tanggapan 7 – Kunarta Djayaputra@petrosea

Thanks banget Pak Yohanes,

Tanggapan 8 – ary putri

Bapak yang terhormat.

ditempat saya magang [PT. Dinamika Energitama Nusantara (DEN)Surabaya] adalah engineering company boiler, dimana telah merehabilitasi boiler PT. Indonesia Power (Priok, Semarang, dan akan dating Perak). seperti yang saya dengar perusahan tempat saya magang diatas juga akan mencoba mefungsikan kembali boiler buatan cina berkapasitas 7 MW yang tidak bias beroperasi secara maksimal di Semarang. PT. DEN telah berstandart ASME (‘S’ Stamp) dan berstandart’R’ Stamp dari NBBI (National Board). untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi www.den-indonesia.com

demikian informasi yang bisa saya sampaikan.

Tanggapan 9 – Ika Kartika

Dear Bapak Kunarta Djayaputra,

Pak,kebetulan saya bekerja di PT. Grand Kartech yang mana perusahaan ini bergerak dibidang Fabrikasi untuk Boiler, Pressure Vessel, Storage Tank dan Heat Exchanger.
Untuk lebih jelasnya Bapak bisa mengetahui perusahaan kami di website : www.e-steamboilers.com.