Penurunan tekanan pada saat drilling disebabkan beberapa hal diantaranya : 1. Faktor pompa – mungkin ada kebocoran insert valve, rubber piston dll dan surface line; 2. Ada kebocoran Drill String, biasanya ada di Drill Pipe, bisa di cek dg lag depth dg menggunakan Karbit dan beras di masukan ke dalam lumpur. Teknisnya bisa koordinasi dg Mud logging Unit; 3. Memasuki zone loss, Ada Partial Loss, perlu di cek dan di monitor ada penurunan volume lumpur pada saat dinamis maupun statis.

Tanya – Reiski Naserra

Sekarang ini kita lagi drill di depth 8725′ dan suddenly press pd mud pump drop hingga 700 PSI.
Press drop pada kedua mud pump secara bersamaan.
Potential pertama kita sudah ganti Seat, spring, pada suction nya. Dan setelah cont drill tidak ada masalah. kemudian press drop pada mud pump no.1 seperti tidak ada air press dan check air pressure line is no problem.

Note:

Saat ini kita sedang mengecheck semua line yg dari Mud pit tank.

Tanggapan 1 – Edy Suryono

Pak Rieski….

Penurunan tekanan pada saat drilling disebabkan beberapa hal diantaranya :

1. Faktor pompa –
Mungkin ada kebocoran insert valve, rubber piston dll dan surface line.

2. Ada kebocoran Drill String, biasanya ada di Drill Pipe, bisa di cek dg lag depth dg menggunakan Karbit dan beras di masukan ke dalam lumpur. Teknisnya bisa koordinasi dg Mud logging Unit

3. Memasuki zone loss, Ada Partial Loss, perlu di cek dan di monitor ada penurunan volume lumpur pada saat dinamis maupun statis.

Tanggapan 2 – Reiski Naserra

Pak Edy,

Saat ini kita sedang drill pakai air laut. kita trus mencari akar permasalahan.
Tolong bantuannya.

Tanggapan 3 – Desmawati

Coba cek rubber pistonnya pak. Ketika kedalaman bertambah, temperaturnya juga naik. Kalau rubber piston-nya tidak bagus (biasanya karena tergoda harga murah), seringkali bagian inilah yg berulang kali jebol.

Tanggapan 4 – Reiski Naserra

Terima kasih atas masukkannya.
Yang mana kemungkinan Press dropp memang banyak kemungkinan tp dari segi mud pump sendiri kondisi masih OK . saat ini kita pakai 12 P national. dan sebagian ada part dari National dan southwest.

Dan Saat ini kita sudah mencapai press yg stabil di 1500 Psi dengan depth drill skr 9875 foot. berbagai cara kita coba dari ganti semua seat valve, spring. dan tetap Mud Pump bukan penyebabnya.

terima kasih.