Balancing pipe fungsinya menghubungkan antara suction dengan satu sisi pada balance piston. Balance piston ini satu sisi menerima pressure dari discharge dan sisi sebelahnya menerima pressure dari suction pressure sehingga beda tekanan ini akan mendorong balance piston ke arah discharge. ini untuk mengimbangi gerakan axial ke arah suction akibat beda pressure di suction dan discharge impeller. Jadi dengan adanya balance pipe dan balance piston ini maka gaya aksialnya jadi imbang..Pada pompa pompa single stage kita mengenal balance hole yaitu lobang di impeller, fungsinya mirip dengan balance pipe.

Tanya – abetabet

Apa sih sebenarnya fungsi dari balancing pipe pada Boiler Feed Pump (BFP)? balancing pipe yang ada di BFP tersebut menghubungkan suction dengan discharge?dari hasil pencarian saya balancing pipe berfungsi menyamakan tekanan pada dua titik. benarkah? apakah prinsip kerja balancing pipe pada BFP berbeda dengan yang ada di condensate pump? di condensate pump balancing pipe nya menghubungkan pompa dengan condenser? mohon penjelasannya dari Bapak bapak. Terima kasih.

Tanggapan 1 – Teguh Santoso

Pak Abet,

Balancing pipe memang fungsinya menghubungkan antara suction dengan satu sisi pada balance piston. Balance piston ini satu sisi menerima pressure dari discharge dan sisi sebelahnya menerima pressure dari suction pressure sehingga beda tekanan ini akan mendorong balance piston ke arah discharge. ini untuk mengimbangi gerakan axial ke arah suction akibat beda pressure di suction dan discharge impeller. Jadi dengan adanya balance pipe dan balance piston ini maka gaya aksialnya jadi imbang..Pada pompa pompa single stage kita mengenal balance hole yaitu lobang di impeller, fungsinya mirip dengan balance pipe..Demikian mudah mudahan bermanfaat. CMIIW.

Tanggapan 2 – Syamsul Anwar@pusri

Kalo memang balancing pipe itu menghubungkan suction dg discharge, kemungkinan fungsinya hampir sama dengan balancing drum.

Yakni mengurangi gaya aksial rotor karena tingginya perbedaan tekanan antara sisi suction dg discharge.

Tanggapan 3 – abetabet

Pak Teguh,

Betul pak. di BFP tersebut juga terdapat balance drum…kalo di condensate pump, fungsi pipa yang menghubungkan dischagre dengan condenser apakah disebut dengan balance pipe juga? fungsinya?