LRS tidak lain merupakan resistor bank atau liquid rheostat yang terhubung ke motor brush dengan mengubah tahanan nya bisa mengator speed-torque characteric nya.

Tanya – Ryan Sjah

Saya ingin menanyakan, adakah teman2 milist yang sudah berpengalaman dengan LRS?
Apakah betul LRS itu dapat mengatur speed operasi equipment seperti VSD / Variable Speed Drive serta memiliki fungsi yang serupa? Apa perbedaannya?
Terima kasih atas pencerahannya.

Tanggapan 1 – roeddy setiawan

LRS tidak lain merupakan resistor bank atau liquid rheostat yg terhubung ke motor brush,,, dengan mengubah tahanan nya bapak bisa mengator speed-torque characteric nya …

mempengaruhi vsd characteritik ???? bisa ya bisa tidak……. kalau sudah fully run rheostat nya di bikin full contact tentunya ngak pengaruh. tp kl dibiarkan ada resistan nya tentu saja berpengaruh…. bisa dilihat pd persamaan winding dan armatur nya bukan ???

Tanggapan 2 – Maison Des Arnoldi

Dapat dipakai dua-duanya, sesuaikan dgn budget yg tersedia serta peruntukannya.

Tanggapan 3 – Ryan Sjah

Namun apakah fungsi VSD bisa digantikan dengan LRS dgn type yang include speed regulator?
Terima kasih

Tanggapan 4 – baryamer

Pak Ryan,

Belum banyak referensi yang memberikan informasi apakah LRS bisa diaplikasikan sebagai VSD, mungkin langsung consult saja ke beberapa manufacturer.

Yang pasti, perlu dipertimbangkan secara operasional karena prinsip LRS adalah berdasarkan resistansi maka seberapa besar lossess (I2R) di rotor yg harus ditanggung hanya untuk sedikit perubahan terhadap ‘speed’. Bisa jadi VFD lebih ekonomis secara operasional walaupun investasi nya lumayan.