Kalau mau mengelas apa saja mesti ingat dulu ini barang standard code yang mengatur larinya kemana, misal kalau struktur larinya ke AWS D1.1 ( dan lainnya ), Piping process ke ASME B31.3, BPV ke ASME VIII, dst. Jadi kalau mau mengelas Piping, piping ini buat struktur atau process…coba kita simpulkan saja piping process. Dalam ASME B31.3 hal 56 bab 328.4 Preparation Cleaning ; internal and external surface to be thermally cut or weld shall be clean and free from paint, oil, rust, scale, and other material. Jadi kesimpulannya galvanis harus dibuang. Kawat las yang dipakai …banyak macamnya Pak…lihat aja requirement Yield and tensile base metal dan minimal harus sama dengan filler metal yang akan di gunakan. Coating setelah di las, nggak mungkin juga kita melakukan galvanis dengan barang yang sudah tergantung di posisinya..cukup di cat saja dengan jenis cat yang sama dengan galvanis.

Tanya – Ahmad Solikhin

Saya ingin tanya tentang pengelasan pipa galvanis:

1. Apakah perlu lapisan galvanis di ujung pipa dihilangkan terlebih dahulu

2. kawat las yang biasa digunakan untuk material A106 galvanis apa ya…

3. bagaimana coating pasca pengelasan, apakah alur las cukup dicat atau ada coating tertentu…

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas sumbang saran pengalamannya.

Tanggapan 1 – Broery

Coba share

1. Lapisan galvanize tidak perlu dibuang

2. …

3. Touch up dengan zinc spray i.e Bright Galvanize @400rb/cane 250ml (tepatnya bisa browse)

Tanggapan 2 – m khaeron

Share aja,..

Kalo untuk kasus seperti ini saya dulu pernah ngalamin,..
Apakah ini benar atau tidak,… dulu saya tidak dilas,.. tapi di brazing dengan kastolin,..
untuk lapisan ujung ya dihilangkan dulu,..

Tanggapan 3 – adi yudistira

Pak Ahmad, berikut pendapat praktis & singkat saya :

1. Harus dibuang dulu karena lapisan galvanis itu bisa dianggap sbg pengotor ataupun benda asing yg tdk seragam dgn base materialnya (A106 ya?)

2. Mungkin bisa dipakai WPS untuk pekerjaan piping yg ada selama variable2 nya sama/tercover dlm range qualifiednya (Process, Material, join design, dll.). Artinya dari WPS tsb bisa tau kawat lasnya apa.. mungkin 7016 atau 7018 atau yang lainnya.

3. Kalo ga salah ditouch up aja juga boleh.. saya ga tau pasti apakah ini yg disebut cold galvanize…

Tanggapan 4 – grasidin

Dear Pak Ahmad,

Saya ikutan sumbang saran untuk lebih menguatkan pendapat yang sudah disampaikan oleh teman-teman sebelumnya yaitu:

1. Semua kotoran termasuk coating yang berupa galvaized harus dibersihkan dahulu sebelum di welding

2. Untuk Electroda yang dipakai disesuaikan dengan materialnya serta welding process yang akan dipergunakan, jika material A 106 dengan welding process GTAW maka cukup dengan menggunakan Electrode dengan AWS Class ER-70 S-G namuan jika dengan Welding Process Full SMAW dapat menggunakan E 7010 (Root) dan E 7018 (Filler & Capping), hal ini disesuaikan dengan WPS yang Bapak miliki.

3. Coating pasca pengelasan dapat di tuch up dengan manual menggunakan Coating dengan specification yang sama dengan galvanize.

Demikian semoga dapat membantu dan mohon maaf jika ada kesalahan.

Tanggapan 5 – novembri nov

Pak Solikhin…

Kalau mau ngelas apa saja …mesti ingat dulu ini barang standard code yang ngatur larinya kemana…misal kalau struktur larinya ke AWS D1.1 ( dan lainnya ), Piping process ke ASME B31.3, BPV ke ASME VIII, dst…Jadi kalau sdr mau ngelas Piping ..piping ini buat struktur atau process…coba kita simpulkan saja piping process…
Dalam ASME B31.3 hal 56 bab 328.4 Preparation Cleaning ; internal and external surface to be thermally cut or weld shall be clean and free from paint, oil, rust, scale, and other material. Jadi kesimpulannya galvanis harus dibuang…

Kawat las yang dipakai …banyak macamnya Pak…lihat aja requirement Yield and tensile base metal dan minimal harus sama dengan filler metal yang akan di gunakan.
Coating setelah di las ..nggak mungkin juga kita melakukan galvanis dengan barang yang udah tergantung di posisinya..cukup di cat saja dengan jenis cat yang sama dengan galvanis…he he he ada nggak cat yang sama dengan galvanis…(???)
Mungkin itu pak pendapat saya…( maaf saya bukan pakar … ).

Tanggapan 6 – adi yudistira

Pak Ahmad, berikut pendapat praktis & singkat saya :

1. Harus dibuang dulu karena lapisan galvanis itu bisa dianggap sbg pengotor ataupun benda asing yg tdk seragam dgn base materialnya (A106 ya?)

2. Mungkin bisa dipakai WPS untuk pekerjaan piping yg ada selama variable2 nya sama/tercover dlm range qualifiednya (Process, Material, join design, dll.). Artinya dari WPS tsb bisa tau kawat lasnya apa.. mungkin 7016 atau 7018 atau yang lainnya.

3. Kalo ga salah ditouch up aja juga boleh.. saya ga tau pasti apakah ini yg disebut cold galvanize…

Tanggapan 7 – Ahmad Solikhin

Terima kasih Pak Novembri dan Pak Broery atas sumbangan sarannya, penjelasan Bapak sangat membantu. BTW, sepuluh jempol buat blog Bapak (hazwelding.wordpress.com)!

Tanggapan 8 – pje704748@batamec

Tambahan saja pak

1. Saya setuju dgn Pak Novembri

2. Pipa itu digunakan di system proses pipeline adalah menggunakan standard ASME B31.3. kawat las minimal sama dgn material yg akan di weld. Secara ekonomis, Jenis galvanize sesuai dgn keperluan pipa system apa digunakan hidrokarbon, oil or gas. Kita harus tau jg dlm analisa fluida kandungan kimia didalamnya apakah terindikasi n perhitungan pertumbuhan korosi dan scale di dlm n diluar pipa selama proses berlansung.

3. Setelah di weld pastikan d coating krn weldingan rentan terjadinya korosif dan mengakibatkan kebocoran di weldingannya.

Menurut saya, kalau ada salah tlg dicorrect pak.