Presiden Pakistan, Asif Ali Zardari dan Presiden Iran, Mahmood Ahmadinejad menandatangani intergovernmental declaration pada tanggal 24 Mei untuk dukungan dalam framework hukum dan regulasi perjanjian gas antara menteri minyak dari kedua negara.

Presiden Pakistan, Asif Ali Zardari dan Iran President Mahmood Ahmadinejad menandatangani intergovernmental declaration pada tanggal 24 Mei untuk dukungan dalam framework regulasi dan hukum perjanjian gas antara menteri minyak dari kedua negara.

Zardari berada di Tehran untuk three-way summit dengan Ahmadinejad dan President Afghanistan Hamid Karzai.

Perjanjian jual beli gas ditandatangani oleh managing directors National Iranian Oil Co. dan Pakistan Interstate Gas System, yang diatur oleh pemerintah Pakistan untuk project.

Pipeline sepanjang 2,100 km akan mentransfer gas Iran ke Pakistan. Kira-kira 1,100 km pipeline akan dipasang di Iran dan 1,000 km di Pakistan. Project akan mentransfer kira-kira 750 MMcfd gas. Pembangunan pipeline akan selesai dalam 5 tahun.

Pakistan dan Iran akan menandatangani formal agreement untuk multibillion dollar gas pipeline project di negara ketiga dalam 15 hari ke depan, menurut Asim Hussain, top energy adviser untuk Islamabad, ibukota Pakistan, dan pemimpin Pakistan dalam poject pipeline.

UPI wire service melaporkan Iran dan Pakistan mulai menandatangani formal agreements atas pipeline Iran-Pakistan-India pada bulan Juni. Dalam perjanjian itu, Pakistan akan menerima 2.6 bcfd dari lahan gas South Pars Iran pada 25 tahun kedepan.

Sumber: www.ogj.com