PLC Centrica akan meningkatkan posisinya di pengembangan LNG di Trinidad dengan memperoleh 45% saham di pengembangan gas Block 5(c), di offshore tenggara pantai Trinidad dan Tobago.

Penulis : Uchenna Izundu

PLC Centrica akan meningkatkan posisinya di pengembangan LNG di Trinidad dengan memperoleh 45% saham di pengembangan gas Block 5(c), di offshore tenggara pantai Trinidad dan Tobago.

Perusahaan menyetujui untuk membayar cash senilai 142.5 juta dolar ke Canadian Superior Energy Inc. dan akan menggunakan kira-kira 650 bcf of recoverable gas untuk menyuplai customer di UK, Amerika Utara, atau pasar Atlantic Basin lain tahun 2014. Blok dekat dengan infrastruktur pipeline gas yang ada dan fasilitas ekspor LNG.

Centrica akan bersama BG Group, mengoperasikan blok dengan 30% saham. “Perjanjian tergantung pada preemption rights dari partner di lahan yang ada dan tergantung pada persetujuan dari Trinidad Government dan Canadian courts,’ kata Centrica.

Sejauh ini BG telah menemukan significant contingent gas reserves, dan partnernya mengharapkan undrilled exploration opportunities dapat meningkatkan potensi blok. Centrica mengatakan saham dari cadangannya sama dengan setengah cadangan gasnya di UK saat ini.

Centrica Chief Executive Sam Laidlaw mengatakan, “Trinidad adalah salah satu dari key export areas untuk LNG Atlantic Basin dengan banyaknya cadangan dan infrastruktur yang tersedia di tempat. Gas yang diproduksi dari blok ini dapat membantu pembicaraan posisi batas structural jangka panjang kami dengan mengurangi exposure kami untuk volatile wholesale gas prices, yang menawarkan option penyuplaian gas masa depan yang berpotensi untuk customer kami, British Gas di UK dan untuk customer kami Direct Energy di Amerika Utara.”

Centrica memiliki posisi yang ada di Trinidad dan Tobago melalui hak saham pada Block 2(ab).

Sumber: www.ogj.com