Select Page

Kavitasi memang sering menyebabkan kerusakan pada pompa. Untuk mendeteksi adanya kavitasi bisa dengan menggunakan vibration signature, atau dalam email di bawah disebutkan sebagai spectrum analysis, menggunakan FFT spectrum. Kavitasi ditandai adanya broadband energy, random frequency vibration yang terjadi di frekuensi tinggi. Kadang2 kavitasi bertemu dengan BPF (Blade Passing Frequency) = #blade X running speed. Effect yang akan terjadi adalah adanya pitting pada pump housing, atau impeller. Suara noise yang keras juga terdengar apabila kita berdiri di dekat pompa yang mengalami kavitasi. Solusinya adalah mereview design pemipaan, NPSH, elbow dll.

Tanya – Rudiawan

Dear Mr. Loren,

My client request us to simulate vibration due to cavitation effect and flushing caused by PSV..?
How we do on caesar….?

Tanggapan 1 – Loren Brown

It is difficult to do this well. You will need some measurements in the field. Then using either a spectrum analysis or a harmonic analysis (depending on which data was taken in the field) you can match the data and then change your model to fix the problem.

Tanggapan 2 – Lumenda, Rihlan

Barangkali ada yg berpengalaman utk menjawab pertanyaan di bawah ini ?

Tanggapan 3 – Cahyo Hardo

Kalau sudah ngomong program Caesar yang ngulik2 masalah stress analysis kaya gini, nampaknya rekan2 dari disiplin mechanical engineering bisa membantu.
Kita2 cuma nunggu cerita ttg ini yang keliatannya akan seru…karena yang bisa jawab pasti lebih jago dari si bule yang disebut terdahulu.

Tanggapan 4 – Anggoro

Anas atau yang lain, menurutmu gimana?

Tanggapan 5 – Anas Rosyadi

He..he..Kavitasi memang sering menyebabkan kerusakan pada pompa. Untuk mendeteksi adanya kavitasi bisa dengan menggunakan vibration signature, atau dalam email di bawah disebutkan sebagai spectrum analysis, menggunakan FFT spectrum. Kavitasi ditandai adanya broadband energy, random frequency vibration yang terjadi di frekuensi tinggi. Kadang2 kavitasi bertemu dengan BPF (Blade Passing Frequency) = #blade X running speed. Effect yang akan terjadi adalah adanya pitting pada pump housing, atau impeller. Suara noise yang keras juga terdengar apabila kita berdiri di dekat pompa yang mengalami kavitasi. Solusinya adalah mereview design pemipaan, NPSH, elbow dll.

Satu hal yang menyerupai kavitasi adalah resirkulasi. Resirkulasi terjadi di low frequency (typically in the range of 20 – 2000 RPM), sama menghasilkan random/broadband vibration energy. Saya ada beberapa case histories dari data lapangan yang pernah saya jumpai. Tapi file-nya agak gede dan nggak semua orang di sini tertarik, jadi kalo mau via japri ya…
Back to this problem, may be we can help them to see machine’s spectrum due to cavitation problem by acquiring vibration data and give them some recommendations to fix the problems. just call me…he..he…

Tanggapan 6 – Cahyo Hardo

Mas Anggoro, menurut saya, isinya kok malah lari dari masalah sih.
Pertanyaannya sebenarnya adalah bagaimana cara mendesain PSV yang telah meingkutsertakan faktor vibrasi karena efek flashing dan kavitasi.

Maaf kalau malah saya yang keliru…

Tanggapan 7 – Kulukussabiri, Priyadi

Menurut saya masih belom lari kok isinya. intinya kan masalah kavitasi. Dan kavitasi di pompa sama di valve ya sama saja, cuman yang satu terjadi di pompa yang satu lagi terjadi di valve. penyebabnya menurutku sama juga, disebabkan oleh terbentuknya fasa gas (uap) karena pengaruh tekanan ataupun temperatur. akibatnya juga sama yaitu terjadi pitting pada permukaan metal (pump housing, impeler, dsb), akibat kecepatan aliran fluida yang tinggi, shg gelembung uap atau gas tsb memberikan tekanan yg cukup untuk merusak permukaan logam tsb. jadi ya menurut saya masih sama saja kavitasi di pompa atau pada valve. kemungkinan pendekatan2 yang dilakukan untuk mendesain pompa agar pada sistem tidak terjadi kavitasi, dapat digunakan juga untuk mendesain valve. tapi memang dari email2 yang sudah ada belum ada yang ngasih solusi secara gamblang. 🙂 mungkin memang mahal yah untuk mendapatkan solusinya, hehehehehe.

Tanggapan 8 – Sutrisno

Inti masalah yang ditanyakan adalah bagaimana mensimulasi effect vibrasi pada PSV pada stress analysis dengan CAESAR software. Vibrasi yang dimaksud disebabkan oleh effect caviation and flushing. Sebuah Kondisi yang sangat extreme, kalau menurut saya.

Jadi, bukan bagaimana proses terjadinya cavitasi itu sendiri atau cara antisipasinya. Pertanyaan ini sebuah pengadaian bila telah terjadi cavitasi dan timbul vibrasi, bagaimana vibrasi ini di-incorporate dalam proses kalkulasi dengan CAESAR.

Silahkan yang punya expert di CAESAR software, bagaimana melakukan pendekatannya.

Tanggapan 9 – Christovorus B

Apakah teorinya akan sama dengan control valve ? Kalau di control valve dengan program Performance dari Flowserve Valtek contrl valve itu akan terhitung apakah control valve dengan data proses seperti : Pressure input & output, Temp, Flow, specific gravitynya, nanti akan terlihat di kalkulasi bahwa control valve itu akan cavitation, flashing, noise nya berapa dan banyak informasi.
Kemudian dengan pilihan material, anti cavitation valve, masalah ini dibisa diatasi dengan baik.

Tanggapan 10 – Tahzudin Noor

Pak Rudiawan,

Pingin lihat cavitation & flashing?? Kalau ada fasilitasnya mestinya tidak susah amat. Kalau valve dipakai untuk mengalirkan liquid yang masih mengandung vapor, apa bila dp across the valve besar sehingga tekanan pada downstream valve lebih rendah dari vapor pressurenya maka aka terjadi cavitation dan flashing.

Bentuk vibration nya ya orang bilang ‘white noise’ karena spectrumnya merata dari frequency rendah sampai tinggi. Spectrumnya bisa dilihat dengan vibration analyzer.

Selamat mencoba dan menikmati. Note: kalau valve nya rusak ditanggung sendiri.

Tanggapan 11 – Cahyo Hardo

Ha..ha.., saya setuju dgn mas Sutrisno ini. Kata orang, Problem identification is a half of war.
Anyway, dari sisi ilmu mesin sendiri gimana nih mas trisno teori untuk dapat mendekati pengandaian dari vibrasi yang disebabkan oleh kavitasi atau flushing di PSV tsb. Itung2 sambil menunggu datangnya orang yang mumpuni di bidang caesar.

Tanggapan 12 – Sutrisno

Menurut saya, yang mendekati proses kalkulasi ini seperti yang disampaikan oleh bang Christovorus B dan Tahzudin Nur beberapa yang lalu. (Seperti dibawah). Cavitasi PSV yang terjadi disini, menurut saya fenomena yang sesaat, oleh karena kondisi aliran atau proses yang tidak stabil. Lain halnya dengan cavitasi pada pompa yang lebih karena salah design proses NPSH calculation dan piping line. Pendekatanya kasus, pakai cara bang Chris dan ambil kondisi extreme vibration and noise.

Share This