Select Page

Mungkin topik ini pernah dibahas sebelumnya, tapi saya ingin menggali informasi lebih dalam mengenai SCADA, khususnya dari rekan2 yang bergerak di bidang IT. Pertama – tama saya ingin tahu apakah sudah ada company di Indonesia yang menerapkan SCADA sistem? saya ingin tahu penerapannya in practice (i.e: untuk memonitor proses apa, apa perlengkapan yang diperlukan untuk sistem itu). Jika ada yang berkenan sharing pengalamannya, saya akan sangat appreciate.

Tanya – aric anthony

Dear all rekan – rekan,

Mungkin topik ini pernah dibahas sebelumnya, tapi saya ingin menggali informasi lebih dalam mengenai SCADA, khususnya dari rekan2 yang bergerak di bidang IT.

pertama – tama saya ingin tahu apakah sudah ada company di Indonesia yang menerapkan SCADA sistem? saya ingin tahu penerapannya in practice (i.e: untuk memonitor proses apa, apa perlengkapan yang diperlukan untuk sistem itu).

jika ada yang berkenan sharing pengalamannya, saya akan sangat appeciate.

Tanggapan 1 – Wawan Setiawan (Yahoo)

Mas Aric,

Kebetulan di company tempat saya bekerja sekarang sedang meng-construct scada system untuk 11 lokasi yang kemudian data2 dari lapangan yg diambil dari lapangan seperti pressure, temperature, level, flow,..etc kemudian data2 tsb di transmit ke kantor jakarta dengan menggunakan jaringan LAN..karena disini memakai Lease line dari salah satu komunikasi provider. Peralatan yg dibutuhkan antara lain sensor-sensor pressure, sensor level, sensor temp, sensor flow, etc dan PLC atau yg sejenisnya sebagai alat yg untuk mengambil data, kemudian dari PLC data tersebut ditransmit melalui interface yg ke LAN. Hal yg krusial adalah metode transmit data tersebut dan kapasitas dari bandwidht LAN nya itu sendiri, serta tipe dari data base yg digunakan karena hal-hal itu lah yg menentukan.
Semoga berguna.

Tanggapan 2 – Chiquetetha

Saya pernah menggunakan scada system. sama dengan yang pak wawan deskripsikan. scada system mengumpulkan data lapangan antara lain, pressure, level, flow. (dalam hal ini untuk mengawasi distribusi air bersih/ water plant ke pelanggan). saya menggunakan modem gsm 3G yang terkoneksi ke kantor menggunakan vpn gateway. namun untuk secara jelas teknis implementasi nya company menggunakan third party yang menyediakan komponen komponen pendukung automation. kami hanya mensupport dari sisi teknis IT antara lain konektivitas VPN, IP leased dsb.

Tanggapan 3 – Hendrikawan Mulyadi

Mas Aric, di tempat saya memakai SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) untuk unit PLTU.
Setahu saya sih fungsinya hampir sama dengan fungsi DCS, untuk sensor, transmitter dan instrument fieldnya sama seperti DCS, PLC dan FCS dengan standard 4~20mA, HART, Fieldbus, dsb.
Perbedaanya DCS lebih ke sistem pengendalian kontrol process sedangkan SCADA ke sistem kontrol supervisory dan pengumpul. Di tempat saya dipakai untuk pengaturan load PLTU (AFC dan APS).
PLTU di tempat saya terdapat 4 buah dimana loadnya dikumpulkan dan di atur untuk memenuhi kebutuhan listrik, apabila terdapat gangguan pada salah satu PLTU, maka SCADA akan melakukan koordinasi agar PLTU lainnya (atau PLTU yang terganggu) untuk tetap memenuhi load listrik yang kita inginkan.

Share This